Konsisten Wujudkan Keselamatan Berlalu Lintas, Jasa Marga Gelar Roadster Rescue Competition Ke-18

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Roadster Rescue Competition 2021 yang diikuti oleh Jasa Marga Group secara virtual. Ajang ini merupakan kompetisi tahunan sebagai salah satu langkah untuk memotivasi sekaligus meningkatkan kompetensi Roadster, sebutan untuk karyawan Jasa Marga, dalam menangani situasi kecelakaan lalu lintas di jalan tol, baik secara medis maupun secara teknis.

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti mengatakan, Roadster Rescue Competition 2021 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kali ini penyelenggarannya dilakukan secara roadshow selama beberapa hari dimulai dari wilayah Jabodetabek, Trans Jawa hingga diakhiri di wilayah Nusantara sesuai dengan wilayah regional Jasa Marga Group.

“Hal ini tentu saja karena Jasa Marga Group menerapkan protokol kesehatan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi sekarang ini. Panitia penyelenggara melakukan penilaian di wilayah kerja masing-masing peserta, serta memastikan dewan juri menilai para peserta melalui video streaming. Selain itu, faktor pembeda lainnya adalah pelaksanaan penyelamatan korban berdasarkan skenario dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dengan Hazmat,” katanya.

Penilaian melalui video streaming dilakukan untuk beberapa skenario di antaranya menyelamatkan korban dalam kondisi sadar, cedera spinal, ataupun korban pingsan dimana para peserta diberi tantangan penyelamatan pada dua skenario penyelamatan, penyelamatan cepat dalam waktu 10 menit untuk korban kritis dan penyelamatan standard dalam waktu 20 menit untuk korban stabil yang terperangkap hebat dalam kendaraan.

Jasa Marga juga menghadirkan tim juri eksternal yang merupakan pakar Road Rescue dari berbagai negara diantaranya Australia, Portugal dan Belanda. Tim juri eksternal dimaksud bertujuan agar penilaian yang dilakukan secara transparan, fair dan profesional.

“Dengan diselenggarakannya kompetisi ini secara tahunan, kami berharap bisa meningkatkan kompetensi dan kesiapsiagaan dalam menangani kecelakaan lalu lintas di jalan tol, khususnya di masa pandemi ini yang membutuhkan perlakuan khusus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Fitri.

PT Jasamarga Gempol Pasuruan, anak usaha Jasa Marga yang mengelola Jalan Tol Gempol-Pasuruan, meraih juara 1 untuk Roadster Rescue Competition 2021 setelah mendapat skor tertinggi dari Dewan Juri yang diketuai oleh Wiyono Winarno. Sementara itu, untuk posisi Juara II diraih oleh PT Jasamarga Solo Ngawi dan Juara III diraih PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Kompetisi yang berlangsung sejak 25 Februari 2021 hingga 10 Maret 2021 melombakan dua kategori yaitu Road Safety Paper (karya tulis keselamatan terbaik) dan Roadster Rescue Competition (ketangkasan karyawan dalam mengatasi dan menangani gangguan lalu lintas di jalan tol).

Adapun jumlah peserta pada tahun ini sebanyak 27 tim yang terdiri dari 11 tim yang berasal dari Regional Jasa Marga dan enam belas tim dari Anak Perusahaan Jasa Marga. Keenam belas Anak Perusahaan Jasa Marga yang dimaksud adalah

  1. PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ)
  2. PT Marga Sarana Jabar (MSJ)
  3. PT Marga Trans Nusantara (MTN)
  4. PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC)
  5. PT Jasamarga Semarang Batang (JSB)
  6. PT Trans Marga Jateng (TMJ)
  7. PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN)
  8. PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK)
  9. PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM)
  10. PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT)
  11. PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP)
  12. PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM)
  13. PT Jasamarga Medan Kualanamu Tebing (PT JMKT)
  14. PT Jasamarga Bali Tol (JBT)
  15. PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS)
  16. PT Jasamarga Manado Bitung (JMB)

Reply