Lantik 6 BPD, Bupati Zairullah Minta Pembangunan Desa di Kawal

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Enam Desa di Kecamatan Kuranji resmi memiliki Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) definitif. Pengurus baru BPD ini resmi dilantik Bupati Tanah Bumbu dr. H. Zairullah Azhar di masing masing desa sekaligus bersilaturahmi dengan warga. Selasa (13/07/21.)

Adapun ke enam desa di wilayah kecamatan Kuranji yang dilibatkan kegiatan pelantikan anggota BPD terdiri dari desa Waringin Tunggal, Kuranji, Girimulya, Mustika, Karang Intan dan Indraloka Jaya.

Dalama sambutannya Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar mengatakan, bahwa tugas dari anggota BPD ada tiga yakni pertama membuat peraturan desa, kedua menyusun perencanaan anggaran dan yang ketiga melakukan pengawasan.

Bupati mengilustrasikan, bahwa anggota BPD merupakan DPR nya di tingkat desa yang tentu menjadi mitra pemerintahan desa dalam melaksanakan dan mengawal pembangunan di desanya masing masing sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya berharap nantinya semua anggota BPD yang ada di Tanah Bumbu diberikan pembekalan khusus oleh dinas PMD dan kecamatan agar memahami tugas dan fungsinya,” Kata Zairullah Azhar Bupati Tanbu usai melantik.

Di kesempatan itu pula Zairullah Azhar juga mengungkapkan kepada masyarakat seraya menawarkan yang keluarganya dalam keadaan yatim untuk bisa diberdayakan di istana anak yatim.

“Apabila ada anak yatim yang ingin tinggal di istana anak yatim untuk bersekolah disana secara gratis hingga ke jenjang perguruan tinggi silahkan kepala desa mengantarkan keistana Anak Yatim, akan kami terima.” Ujar Bupati.

“Saya juga meminta kepada seluruh Kepala Desa beserta warganya yang muslim untuk melaksanakan sholat zuhur bersama. Kemudian sempatkan pula membaca surat yasin sebanyak 3 kali setiap hari agar kita di jauhkan dari bala bencana khususnya wabah Covid-19.” Pungkasnya.

Turut berhadir pada acara pelantikan tersebut, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Camat Kuranji, dan staf khusus Bupati.

Sebelumnya Zairullah sempat kecewa dengan kurangnya animo masyarakat menyaksikan acara pelantikan anggota BPD, paling tidak tokoh masyarakatnya harus dihadirkan untuk menyaksikan pelantikan anggota BPD agar mereka tau apa fungsi BPD.

“Sempat 3 Desa yang tidak dihadiri oleh tokoh masyarakat yakni desa Waringin Tunggal, Kuranji dan Girimulya, 3 Desa berikutnya sudah dihadiri oleh para tokoh yang ada didesa,” ungkap warga.

Penyebab ketidak hadiran tokoh masyarakat dipelantikan anggota BPD karena faktor hujan dan karena pandemi Copid 19. (q cox, Imran)

Reply