BisnisNasional

Maksimalkan Keutamaan Ramadhan, Umma Hadirkan Fitur Baru Podcast Islami

7
×

Maksimalkan Keutamaan Ramadhan, Umma Hadirkan Fitur Baru Podcast Islami

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, (Suarapubliknews) – Umma mengajak masyarakat muslim Indonesia untuk #CobaDuluAja menjadi umat yang lebih baik dengan memaksimalkan ibadah di rumah melalui teknologi digital. Solusi terbaru yang diluncurkan di  aplikasi  umma  pada  Ramadhan 1442H ini meliputi fitur podcast bernama uVoice.

CEO & Co-Founder umma Indra  Wiralaksmana  mengatakan,  momen Ramadhan adalah momen upgrade diri dan iman. Sebagai salah satu cara mendukung hal tersebut, umma menghadirkan layanan uVoice yang berisikan podcast dari beragam pendakwah, komunitas, masjid dan content creator lainnya dengan topik yang variatif dan informatif. Konten-konten podcast di uVoice dikemas secara menarik dan asyik untuk disimak di manapun dan kapanpun.

“Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan content creator muslim lainnya dalam memperluas jangkauan syiarnya. Hal ini sejalan dengan posisi umma sebagai wadah bagi komunitas muslim Indonesia dalam memajukan syiar dan ekosistem keislaman di tanah air,” katanya.

Di tengah banyaknya konten agama di media digital, masyarakat masih membutuhkan lebih banyak figur berilmu agama untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik. Penelitian Alvara pada tahun 20191 menunjukkan 78% umat Islam Indonesia lintas generasi masih menjadikan Ustaz  dan  Ulama  sebagai  sumber info keagamaan utama.

Oleh karena  itu,  melalui  fitur  uVoice,  umma sebagai aplikasi komunitas dan gaya hidup muslim tidak hanya memudahkan pengguna untuk mendengarkan berbagai macam materi keislaman, namun juga memudahkan para pendakwah, tokoh Inspiratif, dan content creator muslim lainnya untuk berkreasi dan berbagi kebaikan dengan mudah, hingga membangun komunitas digital dalam satu platform.

“Tidak hanya pendakwah, content creator muslim lainnya memiliki peluang mendapat eksposur dan membangun komunitas yang lebih luas dengan memanfaatkan keunggulan umma sebagai platform pilihan masyarakat muslim Indonesia untuk beribadah dan berbagi kebaikan. Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice,” tambah Indra.

Per Maret 2021, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna. Dengan demikian, setiap content creator yang tergabung memiliki peluang membangun komunitas yang sangat besar melalui aplikasi umma.

Hingga awal April 2021, uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur’an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim. uVoice telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid serta content creator lainnya. umma terus mengundang pendakwah  dan  content creator muslim untuk memanfaatkan uVoice dalam memperluas jangkauan syiar.

“Melalui uVoice, umma juga mendukung pemberdayaan masjid melalui digitalisasi konten dakwah ke dalam podcast.  Dakwah seperti kajian atau khotbah Jum’at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice oleh jutaan  umat dari penjuru negeri yang hadir di aplikasi  umma setiap harinya. Dengan demikian, masjid secara efektif memiliki komunitas digital di dalam uVoice. Kini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung, dan nantinya masjid-masjid lainnya di seluruh Indonesia,” terang Indra.

Salah satu pendakwah, Ustaz Fikri Haikal MZ yang  juga  menjadi  content  creator  umma  menambahkan, bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat bagi seorang muslim untuk menjadi pribadi muslim dan umat yang lebih baik lagi.

“Sebagai pendakwah, kami sangat mendukung inisiatif umma sebagai platform komunitas muslim terdepan yang memudahkan pendakwah maupun content creator muslim untuk menjangkau umat dengan format digital yang lebih relevan di tengah masyarakat. Selain itu, harapannya umma dapat terus melestarikan konten-konten dakwah yang pernah disampaikan sebelumnya oleh pendakwah terdahulu seperti almarhum ayah saya, yaitu KH. Zainuddin MZ ke dalam teknologi digital, sehingga tetap terus dikonsumsi oleh umat seiring kemajuan teknologi,” katanya. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *