Manfaatkan Teknologi, Parkir TIJ Terapkan Sistem Pembayaran E-Payment

SURABAYA (Suarapubliknews) – Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) bakal menerapkan sistem pembayaran menggunakan e-payment atau uang elektronik. Untuk mendukung hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bekerjasama dengan Bank Jatim.

“Sementara kami kerjasama ini dengan Bank Jatim, kita tahap ujicoba Januari ini. Pembayarannya sama seperti di tol,” kata Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyudrajad, Sabtu (17/1/2020).

Nantinya, sistem pembayaran yang diterapkan tersebut, seperti masuk gerbang tol. Pengunjung tak perlu repot-repot membayar menggunakan uang tunai. Mereka cukup menyiapkan e-payment untuk mendapat layanan parkir di terminal yang baru dibuka akhir Desember 2019 ini.

Karena itu, ke depan, pengguna layanan parkir TIJ diwajibkan memiliki e-money agar lebih mudah saat melakukan transaksi pembayaran di TIJ.

Namun demikian, Irvan menyebut, sebelum sistem pembayaran elektronik itu resmi diterapkan, pihaknya bakal melakukan sosialisasi dahulu kepada masyarakat.

“Nanti ada sosialisasinya, jadi tetap Tapping (e-money) ada petugas. Ketika mereka dari daerah belum mengetahui, bisa memberikan uang tunai, tapi tetap Tapping (e-money) dari petugas,” jelasnya.

Sebagai diketahui, terminal yang berdiri di atas lahan seluas 8.669 meter persegi itu, terbilang cukup besar untuk menampung volume kendaraan. Untuk kendaraan R4 sebanyak 320 SRP, roda dua atau motor 500 SRP, bus pariwisata 8 SRP, sedangkan untuk sepeda angin 100 SRP.

Sementara untuk tarif parkir di TIJ sendiri, masih relative murah. Khusus untuk roda dua, tarifnya hanya Rp 2 ribu. Sedangkan untuk roda empat, tarifnya Rp 3 ribu. (q cox, and)

Reply