Masyarakat dan Mahasiswa Ikuti Lomba Inovasi TTG Pemkab Tanbu

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bertempat di Gedung PKK Kecamtan Simpang Empat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diikuti 6 kecamatan dan 1 perguruan tinggi. Kamis (05/03/2020).

“Kegiatan Ini merupakan lomba TTG yang pertama kali digelar di tahun 2020. Peserta antusias dan mereka cukup bagus. Ada 11 peserta baik dari masyarakat dan mahasiswa, maupun pos pelayanan teknologi,” kata Kepala Dinas PMD Tanbu, Nahrul Fajeri.

Lomba ini digelar untuk menggali potensi inovasi masyarakat terkait teknologi yang dapat berguna untuk keperluan masyarakat dalam membantu kehidupan sehari-hari. Para peserta nantinya akan mendemonstrasikan karyanya tersebut di hadapan Tim Juri dari Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Politeknik Batulicin dan pihak sekolah kejuruan.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutanya disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Andi Aminuddin mengatakan, Teknologi Tepat Guna merupakan salah satu pendekatan yang tepat dalam mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa.

“Manfaat Teknologi Tepat Guna ini memiliki peran yang sangat strategis di dalam mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan inovatif di masyarakat,” ucapnya.

Oleh karena itu sambungnya, melalui momentum Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tahun 2020 ini, dapat membangun daya saing daerah sebagai suatu strategi yang potensial untuk diterapkan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena peranan Teknologi Tepat Guna lanjutnya, apabila dimanfaatkan secara optimal diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien.

“Secara teknis, Teknologi Tepat Guna merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju,” ujarnya.

Adapun kegiatan lomba diikuti oleh Pos Pelayanan Teknologi dari Kecamatan dan Desa se Tanah Bumbu, serta pihak Politeknik dan SMK, sambil membawa alat alat inovasi ciptaan sendiri. (q cox, Imran)

Reply