BisnisNasional

Mitra Resmi Kementerian Kesehatan RI, Halodoc bersama Gojek Hadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Jangka Panjang

14
×

Mitra Resmi Kementerian Kesehatan RI, Halodoc bersama Gojek Hadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Jangka Panjang

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Telehealth Halodoc dan Gojek berkolaborasi hadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui metode drive thru untuk memperkuat upaya Kementerian Kesehatan RI dalam mempercepat vaksinasi COVID-19 di Indonesia

CEO & Cofounder, Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, pihaknya merasa sangat bangga dapat ditunjuk menjadi mitra resmi pertama dan satu-satunya bagi Kemenkes dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui metode drive thru.

“Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Kemenkes kepada ekosistem kami selama ini, sehingga kami dapat terus berkontribusi sebagai mitra dalam Komunikasi, Informasi, dan Edukasi terkait COVID-19. Kini, kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc yang telah menjadi andalan masyarakat selama pandemi,” katanya.

Pihaknya percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target program vaksinasi COVID-19 pemerintah di tahun ini. “Ekosistem Halodoc juga akan selalu siap berkontribusi, terlebih mengingat layanan drive thru kami yang telah tersedia di 20 lokasi yang tersebar di 11 kota di Indonesia,” lanjut Jonathan.

Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Halodoc memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan COVID-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi COVID-19. Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, tahap awal vaksinasi COVID-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Sebagai mitra komunikasi dan transportasi, Gojek berperan dalam memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi COVID-19 pemerintah sejak awal masa pandemi. Menurutnya dalam melakukan edukasi hingga vaksinasi, Kemenkes tidak bisa sendirian.

“Kami optimis, kepercayaan masyarakat terhadap keandalan layanan Halodoc dan Gojek serta basis pengguna yang besar kami harapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, termasuk keluarga dan kerabat dekat pengguna platform yang masuk kelompok lanjut usia. Inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan yang sangat strategis terhadap pencapaian target kami dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin COVID-19 dalam setahun,” katanya.

Co-Founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan pihaknya mengapresiasi kebijakan dan upaya Pemerintah dalam memprioritaskan masyarakat lansia sebagai penerima vaksin. Ia juga berterima kasih pemerintah telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, setelah pemberian vaksin kepada seluruh tenaga kesehatan.

Program vaksinasi COVID-19 ini akan membantu mitra driver termasuk mitra driver lansia di tahap awal ini, sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional, agar terlindungi dari paparan virus COVID-19. Sehingga, mereka bisa terus menafkahi keluarga sekaligus memberikan layanan yang aman dan profesional kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami berharap kerja sama dengan Halodoc ini dapat membantu program vaksinasi COVID-19, dimulai dari sosialisasi dan perluasan akses, sehingga dapat menyukseskan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus COVID-19,” katanya.

Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategi, Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja menambahkan pihaknya siap mengerahkan semaksimal mungkin tenaga vaksinator dan tenaga medis dalam ekosistemnya untuk memastikan keamanan peserta baik selama vaksinasi maupun dalam menanggulangi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Melihat kontribusi dari berbagai pelaku lintas industri dalam kerjasama ini, kami yakin Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 ini dapat berdampak besar terhadap kesuksesan program vaksin pemerintah,” katanya.

 

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) Medi Kristianto, turut menjelaskan suatu kebanggaan bagi PPKK untuk dapat memfasilitasi penyediaan lokasi drive thru vaksinasi COVID-19 pertama di Jakarta. Berlokasi di wilayah BLU PPK Kemayoran dengan luas tanah yang digunakan sekitar 3 hektar.

“Kami siap bahu membahu bersama seluruh mitra yang tergabung dalam kolaborasi ini sehingga program ini dapat berjalan dengan sebaik mungkin dan merangkul sebanyak-banyaknya masyarakat sehingga mendukung upaya pemerintah bersama Halodoc,” tandasnya.

Untuk mengakses layanan vaksinasi COVID-19 melalui drive thru, caranya sangat mudah. Masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, memilih banner “Drive Thru Vaksinasi COVID-19”, kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia, mengunggah kartu identitas, dan menunggu konfirmasi dari Halodoc. Informasi Vaksinasi COVID-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *