Palapa Ring Integrasi, Tunaikan Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada

SURABAYA (Suarapubliknews) – Siapa yang tidak kenal dengan Sumpah Palapa yang diikrarkan oleh Mahapatih Kerajaan Mahapahit Gajah Mada? Sumpah untuk menyatukan nusantara itu menjadi inspirasi bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Salah satunya dengan mengadakan Sosialisasi Rencana Jalur Palapa Ring Integrasi, di Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/10). Tujuannya untuk mengoneksikan saluran jaringan digital di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate mengawali sambutannya dengan mengatakan bahwa transformasi digital hanya bisa berhasil dan memberi manfaat apabila infrastruktur di hulu digital tergerai dengan baik di Indonesia. Information and Communication Technology (ICT), lanjutnya, terdiri dari 3 (tiga) bagian besar yaitu backbone, middle mile, dan last mile.

“Ini yang harus menjadi perhatian kita. Jadi sebelum rakyat Indonesia secara nasional terhubung, maka kita perlu menghubungkan dulu titik-titik konektivitas digitalnya. Ini juga yang akan mendukung kekuatan ekonomi kita,” ungkapnya.

Menkominfo RI pun menggarisbawahi pentingnya Palapa Ring sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional. Proyek ini diharapkan menjadi tumpuan bagi tulang punggung serat optik nasional sehingga layanan internet yang inklusif dan cepat bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. “Ini sejalan dengan upaya akselerasi transformasi digital demi mewujudkan Indonesia terkoneksi. Makin Digital, Makin Maju,” tegasnya.

Tak hanya itu, Menkominfo RI juga berpesan agar Pemerintah Pusat dan Daerah bisa mendukung skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam Proyek Strategis Nasional termasuk Proyek Palapa Ring ini.

“Kita pemerintah harus memberikan kemudahan dan kelancaran kepada investor agar skema KPBU bisa berjalan dengan baik. Jangan sampai terhambat bahkan berhenti hanya karena persoalan birokrasi yang berbelit. Pemerintah juga harus bisa memitigasi risiko investasi dengan baik. Ini semua untuk manfaat jangka panjang kita bersama,” terangnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa  mengatakan, Pemerintah Pusat dan Daerah terus bersinergi dan memberi perhatian dalam pembangunan konektivitas.

Hal ini penting untuk merangkai Indonesia, memperkokoh persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang besar, serta meningkatkan sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, seni budaya, dll. “Dengan membawa marwah Sumpah Palapa dari Bumi Majapahit, Pemprov Jatim juga siap mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi seperti Palapa Ring guna mengikis gap telekomunikasi antar wilayah dan demi mempekuat jaringan backbone yang sudah ada,” katanya.

Sebagai informasi, Proyek Palapa Ring merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membangun ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia. (Q cox, tama dini)

Reply