Pastikan 394 Ribu Warga Surabaya Sudah Divaksin, Cak Eri Tinjau di Masjid Cheng Ho hingga Tunjungan Plaza

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di beberapa lokasi. Diantaranya yakni lantai 6 Tunjungan Plaza (TP) dan halaman Masjid Cheng Ho, Jalan Gading Kecamatan Genteng, Selasa (30/3/2021). Berdasarkan data yang tercatat hingga kemarin, Senin (29/3/2021) total keseluruhan warga yang telah menerima vaksin sebanyak 394 ribu orang.

Awalnya, Wali Kota Eri Cahyadi mendatangi lokasi vaksin di Masjid Cheng Ho. Di lokasi tersebut, vaksin ditujukan kepada takmir masjid, penceramah, ustad, ustadzah serta anggota pengurusan masjid lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, demi menjaga kenyaman dan keamanan beribadah menjelang bulan suci Ramadhan, pelaksanaan vaksin kepada tokoh agama penting dilakukan. Dia memastikan, dalam sehari ada sekitar seribu pengurus masjid yang divaksin.

“Totalnya sampai dengan kemarin sudah 394 ribu.  Untuk hari ini khusus di Masjid Cheng Ho ada seribu orang targetnya. Jadi setelah divaksin nantinya masyarakat lebih nyaman dan aman beribadah sholat tarawih di masjid,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di sela peninjauan.

Selain itu, ia meminta kepada para takmir, apabila masih terdapat takmir masjid lain yang belum menerima vaksin diimbau untuk segera mendaftarkan diri. Tidak hanya itu, rencananya pelaksanaan vaksin di halaman Masjid Cheng Ho digelar selama dua hari, sehingga diharapkan bagi pengurus masjid yang belum mendapatkan vaksin dapat segera datang ke lokasi.

“Bapak, saya titip nggih (ya) kalau ada anggota pengurus panjenengan (anda) yang belum vaksin segera diinformasikan. Saya mohon restu dan doa agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan hilang dari Kota Pahlawan, doa panjenengan mustajabah,” urainya.

Tidak hanya umat muslim saja, Cak Eri mamastikan semua tokoh agama juga disuntik vaksin Covid-19 secara bertahap. Apalagi beberapa waktu ke depan, umat kristen menggelar pelaksanaan ibadah paskah. “Ini sedang kita siapkan. Jadi semuanya tokoh agama akan menerima vaksin,” urai dia.

Setelah meninjau vaksinasi di halaman Masjid Cheng Ho, Cak Eri bersama rombongan bergeser menuju lokasi pelaksanaan vaksin masal berikutnya, yakni di lantai 6 TP Surabaya. Di sana, Cak Eri menyapa warga dan memastikan pelaksanan vaksin berjalan lancar. Tidak hanya itu, ia juga  mengungkapkan rasa bahagia lantaran para pengusaha maupun perorangan, tempatnya bersedia digunakan untuk pelaksanaan vaksin.

“Ada yang rela menyiapkan tambahan makanan maupun minuman. Terima kasih kepada seluruh stake holder maupun perorangan dan perusahaan yang gotong royong terus membantu pemerintah kota,” ungkapnya.

Sementara itu. Direktur Pakuwon Group sekaligus Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI) Jatim Sutandi Purnomosidi menambahkan, pelaksanaan vaksin di TP ini buka sejak pukul 10.00 Wib. Tandi pun menegaskan peruntukkan vaksinasi diberikan kepada pemilik tenan, pegawai, SPG, keamanan hingga petugas kebersihan juga ikut menerima vaksin.

“Semuanya menerima vaksin. Sebab mereka lah yang kontak langsung dengan masyarakat. Ini menjadi penting untuk kami supaya terbentuk anti body yang kebal. Rencananya pelaksanaan di sini kurang lebih selama tujuh hari,” pungkasnya. (q cox)

Reply