Pastikan Ketersediaan Sembako Aman, Satgas Pangan Pemkab Tanbu Sidak ke Pasar

BATULICIN (Suarapubliknews) – Satgas Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan monitoring ketersediaan dan perkembangan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok, di Pasar Raya Bumi Pangeran Pagatan Kec Kusan Hilir, Jum’at (01/04/2022).

Hal ini dilakukan guna menjaga keseimbangan dan ketersediaan permintaan bahan pokok jelang Ramadhan.

Satgas Pangan beranggotakan Dinas KUMP2, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bagian PSDA2P Setda, Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres, Wakapolsek Kusan Hilir, dan Sekcam Kusan Hilir.

Kepala Dinas KUMP2 Tanbu, H. Deny Harianto mengatakan, bahwa kegiatan peninjauan pada pasar ini untuk memastikan ketersedian bahan pokok.

Hasil monitoring, rata rata stok cukup tersedia dan harga juga masih relatif stabil walaupun ada kenaikan yang bervariatif.

Dalam rangka membantu menstabilkan harga pangan, pemerintah akan menggelar pasar murah di 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu yang akan dimulai pada tanggal 6 April s/d 26 April 2022 dengan harga sedikit rendah dari harga yan beredar di pasar-pasar.

Sementara itu, usai melakukan monitoring di pasar Bumi Pangeran, rencananya Satgas Pangan pada Senin 04 April 2022 mendatang juga akan meninjau stok ketersediaan bahan pokok di Gudang Para Distributor dan pada Selasa 05 April 2022 akan ke Pasar Harian Simpang Empat yang merupakan salah satu barometer harga sembako untuk Kab. Tanah Bumbu.

Saat monitoring, Kepala DKUMP2 Tanbu H. Deny Harianto juga memberikan edukasi kepada para pedagang dan masyarakat.

Para pedagang dihimbau agar tidak menaikan harga diluar kewajaran dan juga kepada para pengunjung pasar agar tidak melakukan aksi borong supaya tidak terjadi “panic buying” yang menimbulkan gejolak harga yang tidak stabil. (q cox, Imran)

Reply