Nasional

Pelindo III dan PT Garam Ajak Jalan Sehat dan Bantu Sumber Air di Kupang

11
×

Pelindo III dan PT Garam Ajak Jalan Sehat dan Bantu Sumber Air di Kupang

Sebarkan artikel ini

KUPANG (Suarapubliknews) – BUMN Pelindo III dan PT Garam bersinergi menggelar acara Jalan Sehat dalam rangka Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (16/8).

Ribuan warga Kupang dan keluarga besar BUMN berpartisipasi pada acara yang dipusatkan di GOR Flobamora tersebut. Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore mengibarkan bendera keberangkatan dan memimpin jalan sehat. Rute jalan sehat sepanjang 5 kilometer dan melintasi Gedung Sasando yang menjadi bangunan ikonik Kantor Gubernur NTT.

“Kegiatan Jalan Sehat bersama ribuan warga Kota Kupang merupakan wujud nyata komitmen BUMN Hadir untuk Negeri. Pelindo III sebagai BUMN yang mengelola Pelabuhan Tenau Kupang dan juga BUMN PT Garam yang memiliki lahan produksi garam di NTT, menjadi penyelenggara kegiatan dan sekaligus sebagai silaturahmi dengan warga Kupang dan masyarakat kebanyakan,” kata Staf Khusus 5 Menteri BUMN Herdy Harman yang turut hadir langsung dari Jakarta untuk acara tersebut.

Ia melanjutkan, sebagai rangkaian pelaksanaan BUMN Hadir untuk Negeri, Pelindo III dan PT Garam juga menyalurkan Bantuan Bina Lingkungan (CSR) berupa instalasi sumur dan saluran sumber air bersih.

“Berupa pembuatan sumur bor sumber air bersih, lengkap dengan fasilitas tandon penyimpanan air sebelum didistribusikan ke warga desa. Bantuan senilai Rp 97 juta tersebut disalurkan untuk Desa Kuanheum, Kupang Barat, yang berada tak jauh dari Pelabuhan Tenau Kupang yang dikelola oleh Pelindo III,” tambahnya.

Tetua adat desa setempat, Felipus Buan, mengungkap rasa terima kasihnya pada BUMN ketika Herdy Harman meninjau ke lokasi bantuan.

“Sebelum ada bantuan (fasilitas sumber air), kami harus membeli air yang per tangkinya mencapai Rp 100 ribu dengan kualitas air yang tidak selalu baik. Padahal tidak hanya untuk mandi dan kasih minum ternak, tetapi juga untuk minum keluarga kami. Maka bantuan (fasilitas sumber air dari Pelindo III dan PT Garam) ini seperti berkat Tuhan. Nantinya warga desa akan dikumpulkan untuk bermusyawarah terkait pemanfaatan dan pemeliharaan,” ungkapnya.

Direktur Teknik Pelindo III Joko Noerhudha membenarkan, bahwa warga yang tinggal di sekitar setiap pelabuhan yang dikelola Pelindo III, merupakan salah satu pemangku kepentingan penting di pelabuhan.

“Karenanya perhatian selalu coba diberikan melalui berbagai Program Bina Lingkungan sesuai arahan Kementerian BUMN dan instansi terkait. Bisnis akan dapat dijalankan dengan lebih lancar dan berkelanjutan, apabila masyarakat di sekitar wilayah operasional BUMN juga dapat merasakan langsung manfaat positif hadirnya BUMN di lingkungan mereka,” jelas Joko Noerhudha.

“Warga peserta Jalan Sehat juga berkesempatan memenangkan grandprize berupa 1 unit sepeda motor. Selain itu juga telah disediakan doorprize, seperti telepon genggam dan televisi. Kemudian juga ada beraneka lomba khas 17 Agustus-an, seperti balap karung, makan kerupuk, dan joged balon. Serta untuk anak-anak ada lomba memasukkan pena ke dalam botol,” jelasnya.

Keesokan harinya pada tanggal 17 Agustus 2019, Pelindo III dan PT Garam juga akan melaksanakan upacara bendera di kawasan Pelabuhan Tenau Kupang. Joko Noerhudha akan bertindak sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Peserta upacara merupakan gabungan dari sejumlah institusi, mulai dari insan maritim di Pelabuhan Tenau Kupang seperti Pelindo III, KSOP Tenau Kupang, Kantor Bea Cukai, Karantina, Polres Pelabuhan dan Polairud, Lantamal VII, TNI AD, Kejaksaan Negeri, dan perwakilan masyarakat.

“Kami merasa terhormat dan bangga bahwa Upacara Bendera Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pelabuhan Tenau Kupang yang dioperasikan oleh Pelindo III. Apalagi diikuti oleh para peserta upacara yang berasal dari lintas institusi dan perwakilan masyarakat. Hal ini membuktikan soliditas elemen bangsa dalam memposisikan kemaritiman sebagai sektor yang penting bagi negeri kita,” ungkap Joko Noerhudha. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *