Bisnis

Pelindo III Gelontorkan CSR Bina Lingkungan Senilai 2,4 Miliar

12
×

Pelindo III Gelontorkan CSR Bina Lingkungan Senilai 2,4 Miliar

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – BUMN Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III kembali menyalurkan dana hibah bina lingkungan kepada 141 objek terpilih di wilayah Jawa Timur dengan total nilai sebesar Rp2,4 miliar. Acara penyaluran ini dilaksanakan di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, pada Kamis (3/10/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu program Pelindo III sebagai wujud pencapaian tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sosial di sekitar perusahaan.

Adapun rincian sektor dana hibah yang telah diberikan Pelindo III kepada masyarakat meliputi sektor pendidikan atau pelatihan senilai Rp925 juta, peningkatan kesehatan senilai Rp30 juta, sarana dan prasarana umum senilai Rp367 juta, pelestarian lingkungan senilai 13 juta, serta sarana ibadah senilai Rp1,1 miliar.

Direktur SDM Pelindo III, Toto Heli Yanto, yang hadir dalam acara ini mengatakan bahwa dalam mejalankan bisnisnya Pelindo III tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga berkewajiban untuk menjalakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sesuai dengan amanat undang-undang yang ada.

“Ini adalah upaya dan komitmen serius manajemen Pelindo III untuk peduli terhadap masyarakat sekitar, sehingga keberadaan perusahaan mampu dirasakan manfaatnya dengan begitu dukungan untuk kemajuan perusahaan akan semakin besar,” ujarnya.

Sepanjang Januari hingga September 2019, Pelindo III telah menyalurkan dana bina lingkungan sebesar Rp8,8 miliar kepada masyarakat.

“Kami berharap dana yang dihibahkan dapat langsung membawa manfaat bagi penerima dan mampu memberikan pengaruh pada penguatan kondisi sosial masyarakat disekitar kami, serta ke depan semoga kami terus mampu memberikan bantuan ini yang lebih besar,” pungkas Toto.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bantuan harus dilakukan survei terlebih dahulu, kemudian dari hasil survey lokasi, akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

“Hari ini, total ada 141 objek penerima bantuan dana hibah bina lingkungan yang telah lolos dan memenuhi kriteria, tujuan diadakan survei adalah untuk memastikan bahwa objek tersebut layak untuk dibantu sesuai dengan proposal yang diajukan, hal ini juga selaras dengan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) di Pelindo III,” jelasnya.

Sementara itu, Mamik, Kepala SDN 1 Dilem Malang yang menjadi salah satu perwakilan dari penerima dana hibah bina lingkungan menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam kepada Pelindo III.

“Terima kasih telah peduli dengan kami, semoga Pelindo III akan semakin maju dalam menjalankan bisnisnya sehingga kedepan dapat lebih banyak membantu masyarakat,” ungkapnya.

Acara penyerahan dana hibah bina lingkungan Pelindo III tahun 2019 ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Direktur SDM Pelindo III yang didampingi oleh Sekretaris Perusahaan dan Asisten Sekretaris Perusahaan Kemitraan dan Bina Lingkungan kepada calon penerima dana hibah yang ada di sekitar wilayah Pelindo III. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *