Nasional

Pemkab Tanbu Gelar Pra Evaluasi dan Input Data AKIP

14
×

Pemkab Tanbu Gelar Pra Evaluasi dan Input Data AKIP

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU-KALSEL (Suarapubliknews) – Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (PemkabTanbu) menggelar “Pra Evaluasi dan Input Data Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP).

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Ready Kambo Sabtu (31/08/19) di Hotel Madina Kecamatan Kusan Hilir.

Selain dihadiri seluruh kepala SKPD Pemkab Tanah Bumbu,kegiatan menghadirkan narasumber dari Inpektorat Kalimantan Selatan, Sulkan SH.

Dikatakan Wakil Bupati,atas nama pemerintah daerah, kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakan Pra Evaluasi dan Input Data AKIP di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurutnya, AKIP disamping sebagai katalisator terciptanya instansi Pemerintah yang akuntabel, juga sebagai alat untuk menilai kinerja Birokrasi Pemerintah.

“Hal ini mempunyai awal dari rencana strategis, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pengelolaan kineja, pelaporan kinerja, dan evaluasi capaian kinerja.”sebutnya.

Dia tambahkan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah(Sakip), merupakan bagian dari penerapan anggaran berbasis kinerja, yang mengharuskan pemerintah daerah untuk menyusun anggaran dengan mengacu pada target kinerja yang akan dicapai.

“Artinya, setiap dana yang dikeluarkan harus dapat dikaitkan dengan kinerja yang dihasilkan. Untuk itu, kepada para peserta, ikuti Pra Evaluasi dan Input Data AKIP, dengan sebaik-baiknya, guna mendapatkan pemahaman yang utuh dan komprehensif,” tandasnya.

Lanjutnya, pemerintah tentu berharap melalui Sakip mampu mewujudkan pemerintah yang berkualitas dalam rangka mempertanggungjawabkan kinerja.

“Kedepannya, mampu menyusun sebuah Laporan Kinerja Pemerintah yang berkualitas, sebagaimana yang telah diperjanjikan dalam perencanaan Birokrasi, sebagai upaya mewujudkan reformasi birokrasi di lingkup pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,” tutupnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *