NasionalPemerintahan

Pemkab Tanbu: Kerusakan Jalan Masuk Paket Preservasi Ruas Jalan Asam-Asam – Batulicin

52
×

Pemkab Tanbu: Kerusakan Jalan Masuk Paket Preservasi Ruas Jalan Asam-Asam – Batulicin

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Perbaikan kerusakan jalan termasuk dalam paket preservasi ruas jalan Asam-Asam – Batulicin sepanjang 140 kilometer. Pekerjaan ini merupakan proyek multi years.

Upaya pemerintah daerah dalam hasil lobi dengan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) bahwa kerusakan ruas jalan di sepanjang Desa Mekar Jaya, Kecamatan Angsana, Sungai Loban, Pagatan, dan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu saat ini dalam proses pekerjaan Lapis Pondasi Atas (LPA).

Adapun kendalanya, komposisi material seperti filer (Abu Batu ) sangat berpengaruh terhadap kondisi jalan di daerah itu, sehingga apabila terkena air dalam berlebih, maka jalan akan becek.

”Untuk menangani masalah ini secepatnya, kami sampai sekarang melakukan koordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Kalimantan Selatan,” kata Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Tanah Bumbu Hernadi Wibisono, Minggu (26/6/2022 ).

Disampaikan pula Hernadi Wibisono, perbaikan kerusakan jalan tersebut termasuk dalam paket preservasi ruas jalan Asam-Asam – Batulicin sepanjang 140 kilometer. Pekerjaan ini merupakan proyek multi years.

Dan saat ini, lanjut dia, di Tanah Bumbu dan sekitarnya banyak jalan mengalami kerusakan cukup besar sehingga segera dilakukan perbaikan

”Saya jelaskan, jika hujan turun, maka lapisan pondasi atas mengalami becek ketika dilalui. Sebenarnya itu tidak apa. Dan sekarang masih dalam tahap kontruksi dengan tinggi badan jalan ditingkatkan 20 -30 cm,” paparnya..

Kondisi jalan rusak di wilayah Tanah Bumbu sama kondisinya dengan di Liang Anggang, Kabupaten Tanah Laut kala itu.
”Kan dulu rusak parah juga ketika awal perbaikan,” ungkapnya.

Berdasarkan update terbaru dari pengawas lapangan BPJN, lapisan pondasi atas sudah dirapikan. Dan alat grader dan vibro stanbay di lapangan . “Sesuai rencana perbaikan jalan rusak diperkirakan rampung akhir tahun 2022.,” imbuhnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *