Pemkot Siapkan Beasiswa Bagi 13 Ribu Pelajar SMA Sederajat dan 3 Ribu Mahasiswa Surabaya

SURABAYA (Suarapubliknews) – Selain memberikan beasiswa bagi para pelajar penghafal kitab suci, Pemerintah Kota (Pemkot Surabaya) juga menyiapkan beasiswa bagi para pelajar SMA sederajat dan juga para mahasiswa asal Surabaya. Hingga saat ini, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwista yang menjadi leading sektor dari program ini sedang proses menyelesaikan instrumen hukumnya atau peraturannya.

“Jadi, Perwali-nya proses kami selesaikan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati, Sabtu (13/3/2022).

Menurutnya, nanti ada dua macam beasiswa yang akan disiapkan melalui dinasnya. Pertama, beasiswa bagi pemuda yang usianya minimal 16 tahun dan sedang menempuh pendidikan SMA, SMK, MA, dan sederajat. Kedua, beasiswa untuk para mahasiswa.

“Untuk kuotanya, khusus yang beasiswa pemuda sekitar 13 ribu sekian, dan khusus yang mahasiswa sekitar 3 ribu sekian. Salah satu persyaratannya adalah harus memiliki prestasi, baik dibidang akademik atau pun non akademik,” tegasnya.

Wiwiek menjelaskan, bagi pelajar yang mendapatkan beasiswa tersebut, akan mendapatkan biaya bantuan pendidikan perbulannya sekaligus bantuan seragam. Sedangkan bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut, nantinya pemkot akan menyediakan UKT-nya, uang saku dan uang untuk membeli kebutuhannya, seperti buku dan alat tulis.

“Kalau pencairannya, UKT itu kan setiap KRS-an, tapi kalau uang saku dan uang kebutuhan pendidikannya tetap tiap bulan,” katanya.

Ia memastikan bahwa hingga saat ini pemkot masih mengebut menyelesaikan instrumen hukumnya, setelah itu akan ada verifikasi anak-anak atau pelajar yang akan mendapatkan beasiswa tersebut. “Mudah-mudahan verifikasi selesai di akhir Maret ini, sehingga bisa segera terealisasi,” pungkasnya. (q cox)

Reply