Pemkot Surabaya Bagikan 742 Unit Komputer untuk Semua Pos Paud Terpadu

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya membagikan 742 bantuan komputer kepada lembaga Pos Paud Terpadu (PPT) di 31 kecamatan se – Kota Surabaya. Pembagian komputer tersebut diserahkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan didampingi oleh Bunda Paud Kota Surabaya Rini Indriyani, yang diberikan secara simbolis kepada PPT di Kecamatan Gayungan dan Kecamatan Jambangan.

“Pembagian komputer ini sudah kita rencanakan dan kita bagikan kepada PPT. Saya berharap dengan adanya bantuan ini, maka cara pengajarannya bisa membuat anak – anak nyaman. Bagi guru yang ingin mengadopsi beberapa pembelajaran dan ilmu pengetahuan bisa melalui internet,” kata Wali Kota Eri Cahyadi saat ditemui di PPT Buah Hati Bunda Jalan Jambangan Sawah Balai RW V Kota Surabaya, Selasa (25/10/2022).

Selanjutnya, Wali Kota Eri Cahyadi berharap bahwa dengan adanya bantuan komputer yang dibagikan untuk PPT se – Kota Surabaya mampu mempercepat dan mempermudah para Tenaga Pendidik Paud dalam pembuatan laporan kepada Dispendik Surabaya melalui aplikasi Simpaud (Sistem Informasi Manajemen Paud), serta mempercepat pengisian Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.

“PPT ini bukan sebuah yayasan, sehingga kita akan memang support (mendukung) bagaimana pergerakannya. Seperti tadi saya sampaikan, boleh tidak anak di Paud tidak menggunakan seragam? Oh ternyata boleh. Sehingga saya harapkan banyak anak – anak yang akan belajar di Paud bisa memiliki karakter yang kuat dan memiliki akhlakul karimah,” ujarnya.

Di sisi lain, Cak Eri sapaan lekatnya menerangkan bahwa pihaknya tengah melakukan sosialisasi mengenai Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (Paud HI). Yakni, penerapan Holistik Integratif untuk semua Paud yang ada di Kota Surabaya, karena proses pembelajaran juga harus memperhatikan unsur tumbuh kembang dan gizi anak.

“Sehingga anak lulusan Paud nanti pintar, berbakti dengan orang tua, badannya sehat dan segar. Maka kita akan bangga, jadi nanti kalau waktunya sekolah, sudah sekolahkan semua sebelum SD ke Paud. Nah itu yang kita cari sebetulnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Yusuf Masruh mengatakan bahwa bantuan 742 unit komputer tersebut dibagikan kepada 853 PPT yang ada Kota Surabaya. Karenanya, ia berharap para Bunda Paud selalu memperhatikan tumbuh kembang anak dan tidak hanya berfokus pada intelegensi anak.

“Tapi juga dibutuhkan nurani yang tulus untuk mendampingi anak – anak. Alhamdulilah teman – teman ini aktif karena juga sudah mengikuti sosialisasi Perwali Nomor 8 Tahun 2022 mengenai Paud Holistik. Sebab, saya berharap Bunda Paud ini bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak – anak,” pungkasnya. (Q cox)

Reply