Pemerintahan

Pemkot Surabaya Buka Posko Peduli Bencana Palu dan Donggala

12
×

Pemkot Surabaya Buka Posko Peduli Bencana Palu dan Donggala

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Bencana gempa bumi disertai tsunami, yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Mulai hari ini, Senin, (01/10/18), Pemkot Surabaya melalui Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas, membuka posko peduli korban gempa dan tsunami. Posko tersebut, berlokasi di halaman Balai Kota Surabaya.

Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPB Linmas Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan pendirian posko tersebut, merupakan instruksi langsung dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang prihatin atas musibah yang menimpa saudara-saudara yang ada di Kota Palu dan Kabupaten Dongala, Sulawesi Tengah.

“Jadi ini (posko) untuk peduli Palu-Dongala, Sulawesi Tengah. Pemerintah kota mulai hari ini, menyiapkan untuk posko bantuan,” kata Yusuf, saat meninjau langsung pendirian posko bantuan korban gempa dan tsunami di halaman Balai Kota, Senin, (01/10/18).

Yusuf menuturkan, tujuan pendirian posko tersebut untuk memfasilitasi masyarakat atau pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya yang akan mendonasikan bantuan kepada para korban bencana gempa dan tsunami di Kota Palu dan Dongala Sulawesi Tengah. “Barangkali ada masyarakat atau teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ingin membantu, kita siapkan di sini poskonya,” terangnya.

Ditanya wujud bantuan seperti apa yang saat ini paling dibutuhkan, Yusuf mengaku, sementara ini, kebutuhan yang paling mendesak untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Dongala adalah bahan makanan, seperti beras, biskuit dan susu. Selain itu, menurutnya, kebutuhan seperti tenda dan terpal juga dianggap mendesak di sana.

“Jadi logistik itu seperti bahan makanan yang nanti kita siapkan seperti beras, susu, biskuit, dan roti untuk stamina warga di sana,” jelasnya.

Dengan dibukanya posko penyaluran bantuan ini, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat atau pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya yang ingin mendonasikan bantuan bisa datang langsung ke halaman Balai Kota Surabaya. Ia juga berharap kepada warga Surabaya, untuk peduli membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana di Kota Palu dan Kabupaten Dongala Sulawesi Tengah.

“Kalau mau membantu saudara-saudara kita yang sedang diuji bencana, kita bisa membantu memfasilitasi untuk menyampaikan di sana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser menambahkan Pemkot Surabaya selain memberikan bantuan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu-Dongala, Sulawesi Tengah, pihaknya juga mengaku akan memfasilitasi masyarakat untuk menyalurkan bantuan kepada para korban di sana.

“Selain memberikan bantuan kepada para korban, kami pemerintah kota juga menyalurkan bantuan ke sana. Silahkan bagi masyarakat yang ingin menyumbang untuk saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah bisa datang langsung ke Balai Kota Surabaya,” tandasnya. Sumber Humas Pemkot Surabaya (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *