Jatim RayaPemerintahan

Pemprov Jatim Raih Impelementasi ASN BerAKHLAK

31
×

Pemprov Jatim Raih Impelementasi ASN BerAKHLAK

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Upaya pemerintah provinsi Jawa Timur dalam mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) mendapatkan penghargaan dari Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International/ESQ Group.

Total ada lima penghargaan yang diberikan langsung oleh Founder Emosional Spriritual Quotion (ESQ) Leadership Center Ary Ginanjar Agustian pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Senin (6/3). 

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan ASN adalah pelayan masyarakat. Sehingga setiap ASN harus mengimplementasikan hal tersebut mulai dari pikiran hingga tindakan secara riil.  

“ASN adalah khodimul ummah, pelayan masyarakat. Tak hanya dibutuhkan profesionalitas melainkan juga intergritas. Tapi yang juga tak boleh tertinggal adalah keikhlasan dalam pengabdian,” tegasnya. 

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah juga mengajak segenap ASN Pemprov Jatim untuk senantiasa berfikir positif dan penuh optimisme. Menurutnya itu adalah bekal utama yang harus dimiliki bagi ASN di lingkungan Pemprov Jatim. 

“Karena sesuai hadist qudsi dikatakan, Ana ‘inda dhonni ‘abdi bi, Aku (Allah) sama dengan prasangka hambaKu. Maka mari bersama-sama berprasangka bahwa esok lebih baik dari hari ini, hari ini lebih baik dari kemarin. Insyaallah bersama-sama kita akan membangun kekuatan, kebaikan, kesuksesan, dan keberkahan,” imbuhnya.

Di kesempatan ini, Pemprov Jatim juga menggelar penandatanganan MOU dengan ESQ Group untuk pembangunan karakter dan budaya BerAKHLAK di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lewat MoU ini Gubernur Khofifah, ESQ bisa turut menjadi materi yang dihadirkan dalam setiap diklat kepemimpinan yang diselenggarakan BPSDM Jatim.

Di sisi lain, Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian menyampaikan apresiasinya pada seluruh ASN Jatim yang telah berhasil mengimplementaskkan ASN BerAKHLAK. ASN Jatim bahkan dikatakan Ary Ginanjar telah memiliki komitmen intelektual, komitmen emosional dan komitmen spiritual yang merupakan bekal ASN Berintegritas. 

“Jawa Timur ini komplit karena kita tahu integritas itu tidak cukup hanya pengawasan, integritas tidak cukup hanya dengan laporan. Tetapi integritas adalah merasa bahwa semua yang kita lakukan dilihat langsung oleh Allah. Dan Jawa Timur punya ini,” ucapnya.

Top 5 Index Implementasi BerAKHLAK Tingkat Provinsi, Rangking 2 Index Implementasi Nilai Berorientasi Pelayanan, Top 10 Pemerintah Provinsi dengan Indeks Implementasi Adaptif, Top 10 Pemerintah Provinsi dengan Implementasi Kompeten, serta Top 10 Pemerintah Provinsi dengan Implementasi Akuntabel.

Penilaian tersebut dilakukan atas survei unit lembaga penyelenggara terhadap 4 juta ASN dari 700 kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah dengan syarat penilaian 360 derajat. Sehingga penilaian tersebut murni dari seluruh ASN, bukan subyektivitas lembaga penyelenggara survei. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *