Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Ajak Warga Ikut Parade Surabaya Juang dan Upacara Bendera

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melaksanakan serangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November dengan tema “Pahlawanku Teladanku”. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai pada 6 – 10 November 2022, bahkan Pemkot Surabaya kembali mengajak seluruh masyarakat di Kota Pahlawan untuk terlibat dalam peringatan Hari Pahlawan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu mengatakan kegiatan tersebut diawali pada 6 November 2022. Yakni, pagelaran Parade Surabaya Juang mulai pukul 07.00 WIB. Rute parade dimulai dari depan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Timur hingga Balai Kota Surabaya.

“Karena itu ada berapa jalur yang akan dilewati oleh peserta Parade Surabaya Juang, maka kami akan melakukan penutupan jalan mulai depan kantor Bappeda Jatim sampai dengan Halaman Balai Kota Surabaya,” kata Yayuk sapaan akrabnya, Kamis (3/11/2022).

Bagi masyarakat yang ingin hadir untuk menyaksikan Parade Surabaya Juang, diharapkan tetap tertib selama kegiatan tersebut berlangsung. “Kami mendapatkan masukan dari tim drum band AAL dan Politeknik Pelayaran bahwa mereka kurang bisa beratraksi kalau space (ruang) jalannya dipenuhi penonton. Sehingga kami harap warga batasnya (menyaksikan) adalah di pedestrian. Tidak boleh turun sampai ke jalan,” ujar dia

Sedangkan untuk tim pengamanan acara, pihaknya melibatkan TNI, Polri, Satpol PP Kota Surabaya, BPBD Kota Surabaya, serta pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya. Dengan total  2.250 personel gabungan yang ikut melakukan pengamanan dalam kegiatan tersebut. “Acara ini dilaksanakan pukul 07.00 WIB – 11.00 WIB. Sebab, Parade Surabaya Juang tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda Surabaya akan menunggangi kuda,” terang dia.

Sedangkan untuk urutan penampilan teatrikal Parade Surabaya Juang, akan dibuka dengan penampilan Wali Kota Eri Cahyadi bersama Forkopimda Kota Surabaya saat menunggangi kuda. Kemudian, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya bersama istri Forkopimda Kota Surabaya menaiki Jeep Willys, serta penampilan atraksi dari masing – masing kecamatan di wilayah Kota Surabaya. Mulai dari Surabaya bagian utara, selatan, timur, barat dan pusat.

Selanjutnya, pada 9 November 2022, Pemkot Surabaya menggelar tabur bunga di Makam Bung Tomo, Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Makam Wr. Soeparman, dan Taman Makam Pahlawan Mayjen Sungkono Kota Surabaya. Kegiatan dilanjutkan pada 10 November 2022, yakni prosesi pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di Halaman Balai Kota Surabaya pukul 07.30 WIB.

“Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk mendaftar dan menghadiri upacara ini, dengan mengenakan pakaian pejuang, karena ini adalah Hari Pahlawan. Pemkot Surabaya membuka kuota sebanyak 600 peserta upacara bagi masyarakat Kota Surabaya,” kata dia.

Pendaftaran tersebut telah dibuka melalui link https://bit.ly/HariPahlawanSby2022 dan diharapkan masyarakat yang telah mendaftar bisa hadir dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. “Tak hanya itu saja, pada malam harinya, Pemkot Surabaya mengadakan istighosah bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf di Lapangan Monumen Tugu Pahlawan pada pukul 18.00 WIB,” pungkasnya. (Q cox)

Reply