Nasional

PID Dorong Penguatan Kualitas Pemanfaatan Dana Desa

27
×

PID Dorong Penguatan Kualitas Pemanfaatan Dana Desa

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Inovasi Desa akan mendorong penguatan kualitas pemanfaatan dana desa. Hal itu merupakan inisiasi kementrian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dalam pelaksanaan program inovasi Desa (PID).

PID dirancang untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan berbagai referensi dan inovasi pembangunan desa.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor saat membuka sambutan pembukaan bursa inovasi Desa di halaman Kantor Bupati. Kamis (28/12/2017).

“Dalam pemanfaatan dana desa termasuk melakukan revitalisasi peran pendampingan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, serta infrastruktur pedesaan,” Katanya.

H.Sudian Noor mengharapkan, melalui bursa inovasi Desa sebagai bagian tahapan program inovasi Desa akan mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat Desa.

Dia menambahkan, Bursa Inovasi Desa ditujukan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai Pemerintah Desa.

“Selama ini kita telah menyalurkan Dana Desa, baik melalui ADD maupun program 1 milyar 1 desa yang sudah kita laksanakan. Untuk itu perlu kita cek, apakah penggunaan desa itu sudah optimal demi mensejahterakan masyarakat, kalau belum harus dioptimalkan, salah satuhya dengan program inovasi desa.”sebutnya.

Acara ini dihadiri sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Tanbu, Kepala Desa Se Kab.Tanbu bersama sejumlah Kepala BPD, maupun tenaga pendamping desa dari pusat maupun daerah.

Adapun dalam rangkaian itu, Wabup menyerahkan bantuan hibah Fisik senilai Rp 500 Juta dari kemendes PDTT dalam program Desa Wisata tahun 2017 kepada pihak Kecamatan Angsana.

Selain itu pula, tak kurang dari 10 Kecamatan di Kab.Tanbu turut menampilkan produk unggulan sebagai bentuk inovasi desa. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *