Presiden RI Kenakan Tenun Tanah Bumbu di Harlah Pancasila

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 yang diperingati secara Virtual,  Presiden ke 7 ini kembali mengenakan tenun adat untuk yang kedua kalinya.

Diketahui sebelumnya, pada perayaan HUT Proklamasi ditahun 2017 Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pernah mengenakan Tenun ciri khas Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu.

Tampak Cawek tenun itu melilit dipinggangnya kemudian dibalut dengan Jas hitam ditambah Laung di kepalanya.

Hal itu terlihat seiring Derap langkah Presiden RI ke 7 itu saat memasuki podium upacara, tentu menjadi perhatian semua pihak yang menyaksikan. Baik melalui Televisi atau pun melalui Chanel Youtube.

Dimana orang nomor 1 di Indonesia itu bertindak sebagai pemimpin upacara yang digelar dihalaman Gedung Pancasila Kementrian Luar Negeri Jakarta.

Tak terkecuali ASN dan Non ASN jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang turut menyaksikan secara Virtual di masing masing SKPD.

Tampak pula dalam upacara tersebut bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya. Novi saat ini menduduki jabatan Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta.

Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam. Dia kini menjabat Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden.

Upacara Hari Lahir Pancasila ini diikuti perwakilan TNI-Polri, tenaga kesehatan, hingga pelajar. Terlihat juga jajaran menteri yang turut hadir dalam upacara ini.

Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani membacakan teks Pembukaan UUD 1945. (q cox, Imran)

Reply