Pusat UTBK ITS Memberi Berbagai Keuntungan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 masih dibuka hingga Jumat (15/4).

Sebagai salah satu pusat UTBK, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sediakan beberapa poin plus yang menguntungkan bagi peserta luar kota yang mengikuti ujian di Kampus Pahlawan ini.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono ST MEng menjelaskan, keuntungan pertama bagi mereka yang datang dari luar kota adalah lokasi ITS yang mudah diakses dari bandara, stasiun, serta jalan tol. “Lokasi ITS dekat dari mana-mana, hanya 20 menit dari Gerbang Tol Tambaksumur,” ungkapnya.

Berlokasi di Kecamatan Sukolilo yang berada di bagian timur Kota Surabaya, jarak ITS dari Bandara Juanda hanya sekitar 16 kilometer. Menggunakan mobil serta transportasi umum, peserta dapat sampai ke ITS dari bandara dalam waktu setengah jam saja. Sedangkan bagi peserta yang akan pergi menggunakan kereta, dapat turun di Stasiun Gubeng dan menempuh waktu sekitar 12 menit saja untuk menuju kampus ITS.

Keuntungan lain yang didapatkan peserta adalah lokasi tes ITS yang terpusat di kampus Sukolilo. Menurut dosen Departemen Teknik Mesin tersebut, lokasi tes yang terpusat ini akan memberikan kepastian bagi peserta. “Jika peserta memilih ITS sebagai lokasi pusat UTBK, mereka pasti akan melaksanakan ujiannya di lingkungan ITS Sukolilo saja,” tegasnya.

Selain keunggulan dari lokasi geografis yang strategis, Unggul juga menjamin bahwa 41 ruang ujian yang tersebar di berbagai departemen dan gedung di kampus ITS telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Tak hanya fasilitas perangkat ujian hingga koneksi yang memadai, ITS tentunya juga akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan imbauan LTMPT pada setiap ruang ujiannya.

Menimbang kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, Unggul mengajak siswa-siswi SMA yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya untuk memilih ITS sebagai lokasi pelaksanaan UTBK nanti. Ia juga mengimbau bagi para calon peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik dari materi yang mereka pelajari hingga berkas persyaratan ujian. “Tak lupa, peserta juga harus tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan,” pesannya. (Q cox, tama dinie)

Reply