Ratusan Warga Surabaya Ikuti Upacara Peringatan HUT ke – 77 RI

SURABAYA (Suarapubliknews) – Prosesi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 77 Republik Indonesia (RI) yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kali ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab, Pemkot Surabaya mengundang 100 warga Kota Pahlawan, untuk mengikuti gelaran upacara bersama-sama di Halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022).

100 warga yang mengikuti gelaran upacara tersebut, sebelumnya telah mengisi link pendaftaran atau formulir pendaftaran secara online yang disediakan oleh Pemkot Surabaya. Seusai mengisi formulir tersebut, 100 warga yang terpilih akan mendapat undangan upacara peringatan HUT ke – 77 RI secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Seperti, Aditya Asmi (27) bersama sang ibunda Enti Handayani (56) warga kawasan Jalan Ketintang Kota Surabaya, ia mengaku bangga karena bisa mengikuti upacara peringatan HUT ke – 77 RI di Halaman Balai Kota Surabaya.

“Saya bersama ibu sangat bangga dan antusias bisa mengikuti upacara bersama Wali Kota Eri Cahyadi. Apalagi ibu saya yang sangat semangat, bahkan pukul 06.00 WIB kami telah sampai di Balai Kota,” ungkap Adit.

Menurut Adit, kegiatan upacara bersama Wali Kota Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, jajaran Pemkot Surabaya, dan Forkopimda Kota Surabaya merupakan pengalaman yang sangat berarti untuknya bersama sang ibunda. Bahkan, ia tak menyangka, bila akan terpilih bersama sang ibu untuk mengikuti kegiatan upacara.

“Karena kapan lagi, kami sebagai warga turut diundang untuk mengikuti upacara tersebut. Ibu saya sangat senang, karena kami tidak menyangka kalau akan diundang. Saya bangga sekali, apalagi tenda kami sangat dekat dengan posisi Wali Kota Eri Cahyadi, jadi kami sebagai warga sangat dihargai,” terang dia.

Karenanya pada HUT ke – 77 RI ini, Adit berharap Kota Surabaya bisa mempertahankan diri menjadi kota percontohan di tingkat nasional maupun internasional.

“Doa kami, semoga Surabaya bisa menjadi kota percontohan untuk kota lainnya dan dunia. Saya juga berharap, kegiatan ini bisa rutin digelar setiap tahun. Karena, hari ini saya melihat, sudah tidak ada batasan antara warga dan para pejabat,” harap dia.

Senada dengan Adit, Syadzaa Astrilya (26) warga kawasan Jalan Jagalan Kota Surabaya juga mengungkapkan kegembiraannya. Ia juga tak menyangka, bahwa dirinya bisa mengikuti kegiatan upacara peringatan HUT ke – 77 RI di Halaman Balai Kota Surabaya.

“Dengan adanya undangan ini, sudah tidak ada batasan antara pemimpin dengan masyarakat. Kita bisa berinteraksi langsung dengan Wali Kota Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Rini Indriyani. Saya bangga bisa hadir dan menjadi bagian dalam prosesi tersebut,” kata Sasa sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Sasa yang sangat mengagumi Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani, mengaku bahwa istri Wali Kota Eri Cahyadi sangat baik dan ramah kepada masyarakat Kota Pahlawan. Bahkan, ia sempat berinteraksi dengan wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Surabaya itu.

“Ini menjadi pengalaman baru, karena baru Wali Kota Eri Cahyadi dan Bu Rini Indriyani yang mengundang warga. Kebetulan saya sangat mengidolakan bu Rini, karena beliau memiliki banyak gagasan program melalui PKK yang bisa menyelesaikan persoalan di tingkat masyarakat,” pungkasnya. (Q cox)

Reply