Pemerintahan

Resmikan Dapur Ceria Kupang Panjaan, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani: Ini Wujud dari Kampung Pancasila

64
×

Resmikan Dapur Ceria Kupang Panjaan, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani: Ini Wujud dari Kampung Pancasila

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani meresmikan Dapur Ceria di Kupang Panjaan 4, RT 05/ RW 04, Kelurahan Dr. Soetomo, Kecamatan Tegalsari, Rabu (6/9/2023). Dapur Ceria itu diresmikan untuk membantu warga miskin, lansia, hingga percepatan penurunan stunting di wilayah Kelurahan Dr. Soetomo.

Ketua TP PKK Rini Indriyani mengatakan, Dapur Ceria ini merupakan hasil dari swadaya warga di wilayah Kelurahan Dr. Soetomo. Adanya Dapur Ceria di Kelurahan Dr. Soetomo ini sejalan dengan tujuan Wali Kota Eri Cahyadi, dalam mengentaskan warga miskin di Kota Surabaya.

“Ini swadaya masyarakat loh, sangat luar bisa. Bahkan ada juga donatur yang ikut menyumbangkan sedikit rezekinya untuk Dapur Ceria ini, yang nanti akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Ketua TP PKK Rini.

Rini menjelaskan, kekompakan warga Kupang Panjaan 4 RT 05/RW 04 ini patut dicontoh oleh kampung lainya di Kota Pahlawan. Menurutnya kampung ini merupakan wujud dari Kampung Pancasila, seperti yang diucapkan oleh Wali Kota Eri Cahyadi di berbagai kesempatan sebelumnya.

“Tadi ada salah satu donatur, beliau tidak melihat dari suku dan bangsa mana, dan tidak melihat dari agama mana, tapi beliau ikut menyumbang Dapur Ceria ini. Ini mungkin bisa dibilang Kampung Pancasila, bagaimana keragaman ini bisa menjadi satu dan berbuat kebaikan untuk orang banyak,” ujar Rini.

Istri Wali Kota Eri Cahyadi itu berharap, guyub rukun di Kupang Panjaan 4 dan sekitarnya bisa terus dijaga dengan baik oleh warganya. Jika rasa guyub rukun itu dijaga, maka kasus stunting, warga miskin, pra miskin, hingga pengangguran, di kampung ini bisa diatasi bersama-sama.

Ia menambahkan, pemerintah tak akan bisa mengentaskan kemiskinan, pengangguran, hingga stunting di Kota Surabaya. Maka dari itu, pemerintah membutuhkan gotong royong warga dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

“Masing-masing warga di sini juga ada yang patungan untuk membantu warga yang kurang mampu. Ketika warga tidak bisa membantu, maka akan dibantu oleh pemerintah,” imbuhnya.

Dalam peresmian tersebut ia turut mengapresiasi jajaran Pemkot Surabaya di Kelurahan Dr. Soetomo dan Kecamatan Tegalsari. Tak lupa, ia juga mengacungi jempol para Kader Surabaya Hebat (KSH) di wilayah Kupang Panjaan, Kelurahan Dr. Soetomo.

“Ini bisa dibuktikan bahwa lurahnya lurahnya turun ke masyarakat. Saya yakin para lurah di Kecamatan Tegalsari juga dekat dengan warganya,” pungkasnya.

Dalam peresmian Dapur Ceria ini, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Arief Boediarto, Camat Tegalsari Kartika Indrayana, hingga Lurah Dr. Soetomo Nur Ratna Wulan Kartini Pancawardani. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *