Sasar Wilayah Terpencil, Dispendukcapil Pemkab Tanbu Luncurkan Tim Sikadal

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Dispendukcapil Pemkab Tanah Bumbu, Provinsi Kalimanatan Selatan, terus melakukan inovasi terkait pelayanannya kepada masyarakat terkait kependudukan agar tercapai sesuai target.

Terbaru, meluncurkan program Sisir Kawasan Pedalaman (Sikadal) yang tujuan dan sasarannya adalah penduduk di wilayah yang sulit dijangkau, khususnya beberapa kawasan yang tersebar di 10 Kecamatan

“Sikadal ini akan terus menyasar ke desa – desa pinggiran seperti Desa Tamunih Desa Batu Bulan, dan desa Dadap. Hal ini kami lakukan dalam rangka memenuhi pelayanan kependudukan warga yang sulit terjangkau,” ujar Kursani Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu, Kamis (24/10/19), sesaat setelah melepas tim Sikadal.

Program layanan terbaru ini diharapkan dapat dirasakan warga desa tersebut, dalam pemenuhan layanan kependudukan dan guna mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

“Disdukcapil ini akan terus berupaya agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya, bukan hanya di kantor, namun juga memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat,” beber Kursani

Kursani juga menyampaikan bahwa ada 12 orang pegawai Disdukcapil yang akan memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat selama 5 hari kedepan, yang diawali pada (23/10) dan akan berakhir pada (28/10 2019)

“Dengan melihat kondisi yang sulit dijangkau, armada yang digunakan adalah 1 unit mobil double cabin, 1 unit mobil pelayanan (bus mini) dan 4 motor trail,”ungkapnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Des Rizal RRD menyampaikan, Pelayanan administrasi kependudukan warga sudah mencapai 90 persen.

“Dengan program Sikadal ini maka diharapkan tidak ada lagi warga yang tidak memiliki indentitas kependudukan. Karena walaupun sejauh dan sesulit apapun wilayahnya, kami akan selalu berupaya dan bekerja keras untuk mencapainya agar target yang ingin dicapai bisa berhasil,” tutup Des Rizal (q cox, Imran)

Reply