NasionalPemerintahan

SDN 1 Bayan Sari Tanbu Siap Menangkan Lomba Adiwiyata Kalsel

58
×

SDN 1 Bayan Sari Tanbu Siap Menangkan Lomba Adiwiyata Kalsel

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – SDN 1 Bayansari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.

Kepala SDN 1 Bayansari Kecamatan Angsana, H Ngadiyana, M.Pd mengatakan latar belakang terpilihnya SDN 1 Bayangsari mengikuti lomba sekolah Adiwiyata berdasarkan pengawasan yang dilakukan Tim Kecamatan Angsana.

Ia mengatakan pada tahun ajaran 2020-2021, SDN 1 Bayansari terpilih mewakili Kecamatan Angsana untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten yang di laksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

“Pada tahun 2020-2021 itu sebetulnya sekolah Kami belum siap ikut lomba Adiwiyata Kabupaten, karena belum banyak pengetahuan tentang itu,” ujar Ngadiyana, Jumat (21/7/2023).

Setelah itu, pihak sekolah, komite sekolah, dan pemerintah desa bergotong-royong untuk berbenah.

Selain itu juga, pihaknya melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang sudah berhasil dalam lomba Adiwiyata pada tahun sebelumnya.“Kita pelajari, lalu kerjakan,” ungkapnya.

Dalam mengikuti Lomba Adiwiyata Kabupaten, sebut Ngadiyana, banyak manfaat dan perubahan yang lingkungan sekolah rasakan.

Seperti, lingkungan yang dulunya gersang sekarang lebih rindang. Kemudian dulunya sampah berserakan, sekarang menjadi lebih bersih dan tertata.

Dulu sampah cuma satu wadah, sekarang jadi tiga wadah yakni organik, anorganik, dan kimia.

“Banyak perubahan dan manfaat yang Kami rasakan setelah ikut program Adiwiyata ini. Tidak hanya pada lingkungan yang bersih dan sehat, tapi juga pada perubahan perilaku lingkungan sekolah menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Ngadiyana, perubahan dan manfaat yang dirasakan tersebut disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu.

Kemudian mendapatkan respon positif dari DLH Tanbu yang selanjutnya SDN 1 Bayansari menjadi salah satu sekolah yang mengikuti lomba Adiwiyata Tingkat Kalsel Tahun 2023. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *