Sekda Kota Surabaya Pimpin Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Pemerintah Kota Surabaya menggelar apel pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan malam tahun baru 2018 di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Sabtu (22/12/2018).

Pembina apel saat itu adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Hendro Gunawan. Apel tersebut diikuti oleh petugas gabungan diantaranya Polisi, Satpol PP, TNI, Linmas, Dishub, Damkar, PMI, PDAM, Dinas Kebersihan dan Pasar Surya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan mengatakan peringatan natal itu sangat dinantikan oleh umat kristiani dan juga malam tahun baru itu biasanya disambut dengan antusias oleh masyarakat, termasuk di Indonesia.

Makanya, pada saat momen itu dipastikan akan ada peningkatan aktifitas dan mobilitas, baik di tempat ibadah, perbelanjaan, tempat rekreasi, bandara maupun pelabuhan penyeberangan.

“Oleh karena itu, saya minta seluruh jajaran untuk terlibat aktif dan harus selalu berkoordinasi dengan jajaran kepolisian dan TNI, agar hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum dapat sedini mungkin diminimalisir,” kata dia.

Wali Kota Risma juga mengimbau untuk memperhatikan dan memantau rumah, kantor, gedung yang kosong, karena mungkin ditinggalkan pada saat libur panjang ini. Bahkan, ia juga meminta jajarannya untuk memantau anak-anak dalam memanfaatkan libur sekolah ini.

“Barangkali mereka melakukan hal-hal yang kurang positif, misalnya trek-trekan motor di jalan raya atau hal lainnya yang kurang positif,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Hendro juga menambahkan bahwa di hari libur panjang ini, semua jajaran di Pemkot Surabaya harus tetap siaga dan diminta untuk terus menggelar operasi rutin. Menurut dia, hal ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan.

“Kami atas nama pemerintah Kota Surabaya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga atas kerjasamanya kita bersama-sama bersinergi dalam melaksanakan pengamanan ke depan, baik natal dan tahun baru. Tentunya ini akan sedikit mengganggu waktu untuk keluarga, jadi kami mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Linmas Pemkot Surabaya Eddy Christianto mengatakan dalam pengamanan natal dan malam tahun baru ini Pemkot Surabaya menerjunkan sekitar 2.700 personil.

Diantaranya dari Satpol PP sebanyak 500 personil ditambah lagi yang dari kecamatan 325 personil, kemudian dari Linmas 315 persenil dan Kasatgas 154 personil, lalu dari Dishub sebanyak 245 personil, semua personil PMK beserta mobil-mobilnya yang akan siaga di beberapa objek vital, personil dari DKRTH dan juga Kominfo.

“Jadi, totalya sekitar 2.700-an, mereka sebagian akan bergabung di pos-pos kepolisian yang sudah dibangun di berbagai titik di Surabaya,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada tanggal 23-25 Desember 2018, aka nada beberapa ruas jalan yang ditutup, tepatnya di depan gereja yang letaknya berada di pinggir jalan protokol. Oleh karena itu, Eddy meminta pengertiannya kepada masyarakat Surabaya atau pengendara yang nantinya akan melintas di jalur itu.

“Di jalan itu, nanti akan ditutup satu ruas jalan dan akan diberlakukan hanya satu ruas jalan, sehingga kami mohon pengertiannya kepada para pengendara, hal ini demi ketenangan umat kristiani yang akan menjalankan ibadah,” pungkasnya. (q cox)

Reply