Tekan Angka Kejahatan, Polres Kediri Bentuk Tim Pasopati dari Unsur Sabhara

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Polres Kediri/Pare membentuk unit baru dari unsur Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) dengan label Tim Pasopati, untuk menekan angka kejahatan di wilayah hukum Kabuptaen Kediri.

Kaur Bin Ops (Kbo) Sat Sabara Polres Kediri, Iptu Agus Sudarjanto, mengatakan bahwa Unit Pasopati mempunyai tugas melakukan tindakan hukum yang bersifat umum, dengan kemampuan dan ketrampilan khusus sebagai Pasukan Strategis Operasi Cepat.

“Unit ini terbentuk atas Prakarsa dari Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Faton,S.H,.S.ik,” Ujar Iptu Agus kepada Suarapubliknews.net. Sabtu (22/12/2018)

Menurut Iptu Agus, nama Pasopati diambil dari kisah pewayangan, yakni senjata andalan Raden Arjuna pemberian dari sang Dewata, dengan anak panah yang memiliki bentuk layaknya bulan sabit

“Pasopati adalah senjata khusus untuk menumpas kejahatan atau sifat jahat yang ada dalam diri manusia oleh karena itu Polres Kediri mempunyai gagasan untuk memberi nama Unit tersebut dengan nama pasopati,” Jelas Iptu Agus

Dibentuknya Unit Pasopati, Kata Iptu Agus, juga untuk menjawab tantangan perkembangan jaman dalam menanggulangi kejahatan yang semakin modern. Oleh karena itu dengan adanya tim tersebut diharapkan wilayah Kabupaten Kediri semakin aman tentram dari semua aspek kriminalitas

Iptu Agus juga menuturkan jika Unit Pasopati mempunyai tugas membantu Reskrim dalam menangani kejahatan seperti perampokan, begal jalanan, pembunuhan serta kasus besar lainnya.

“Tim ini mempunyai keterampilan menggunakan berbagai jenis senjata senjata api (senpi) serta mempunyai keterampilan bela Diri tangan kosong dan di bekali kemampuan SAR,” pungkasnya. (q cox, Iwan)

Reply