Nasional

Sekda Tanbu Minta Pengurus Masjid Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

18
×

Sekda Tanbu Minta Pengurus Masjid Bantu Pemerintah Atasi Covid-19

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dalam beberapa pekan ini Pemerintah Daerah berupaya keras memutus mata rantai penyebaran Virus Covid -19 di berbagai lini. Tak terkecuali areal publik tak lepas dari pencegahan melalui penyemprotan diinsfektan.

Dalam memutus mata rantai tersebut diperlukan sinergitas berbagai komponen guna membantu pemerintah untuk keselamatan masyarakat Bumi Bersujud.

Meski itu, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu (Sekda Tanbu) H Rooswandi Salem menghimbau kepada pengurus masjid di Tanbu agar turut membantu pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Corona Virus Desease atau (Covid-19).

Himbauan itu disampaikan Sekda di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan sembako dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada masyarakat kurang mampu di Kelurahan Gunung Tingggi Kecamatan Batulicin, Rabu (01/04/2020).

Menurut Sekda yang juga Ketua Pengurus Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi, penangangan dan pencegahan penyebaran virus corona tidak hanya menjadi tanggangjawab pemerintah daerah, akan tetapi menjadi tanggungjawab seluruh elemen masyarakat, termasuk tanggungjawab segenap pengurus masjid yang ada di daerah.

“Melalui gerakan bersama, kami berharap ada peran aktif dan kontribusi nyata dari semua kita, yang salah satunya dari pengurus masjid-masjid yang ada di seluruh wilayan Kabupaten Tanah Bumbu,” sebut Sekda.

Bentuk partisipasi itu urainya dapat berupa penyampaian himbauan-himbauan melalui pengeras suara yang ada di masjid-masjid, mengedukasi masyarakat dengan cara pembuat spanduk atau media sejenis yang isinya mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dan ulama terkait penanganan dan pencegahan persebaran Covid-19, dan beragam upaya kontsruktif lainnya yang membantu pemerintah daerah dalam menangani wabah tersebut.

“Atau bisa juga bantuan itu berupa penyemprotan disinfektan ke lingkungan permukiman masyarakat dan fasilitas umum lainnya, atau pemberian sembako kepada masyarakat tidak mampu yang bisa saja dananya menggunakan uang kas hasil sumbangan masyarakat yang mampu, hal ini tentu lebih bermanfaat bagi masyarakat kita yang tidak mampu di tengah-tangah semakin terbatasnya ruang gerak masyarakat kita yang kurang mampu itu untuk mencari nafkah akibat adanya pandemi virus Corona ini,” katanya.

Langkah itu kata Sekda, juga merupakan wujud nyata dari implementasi gerakan gotong royong seperti arahan presiden Joko Widodo, yang mana dengan begitu akan muncul kesadaran bersama dari seluruh elemen masyarakat untuk saling melindungi dan saling menjaga, sehingga persebaran virus Covid-19 dapat di eliminir. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *