Pemerintahan

Semarak Hari Jadi Kota Surabaya ke-730, Pemkot Gelar Rangkaian Event Berskala Nasional

21
×

Semarak Hari Jadi Kota Surabaya ke-730, Pemkot Gelar Rangkaian Event Berskala Nasional

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kota Surabaya akan menapaki usianya yang ke-730 pada 31 Mei 2023. Untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar beragam acara yang lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya. Bahkan, sejumlah acara itu sudah berskala nasional.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan banyak acara yang akan digelar oleh Pemkot Surabaya untuk menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya itu, mulai dari pergerakan kegiatan UMKM, Culture dan Festival, Sport Event, hingga Music Concerts dan Entertainment. Yang pasti, lanjut dia, semua kegiatan untuk menyambut HJKS ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Jadi, masyarakat kita harapkan bisa langsung terlibat dalam memeriahkan HJKS ini, sehingga mereka semakin dekat antara warga yang satu dengan yang lainnya. Tujuan akhirnya adalah menciptakan gotong royong, guyub rukun di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya.

Rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HJKS ke-730 itu akan dimulai dengan Surabaya Shopping Festival yang digelar di seluruh Mal Surabaya dan Pasar Malam Tjap Toenjoengan di Pakuwon City Mal selama bulan Mei, yaitu mulai 1-30 Mei 2023. Selanjutnya pada 6 Mei 2023, Pemkot Surabaya akan menggelar Festival Rujak Uleg di Kembang Jepun atau Wisata Kya-kya Surabaya.

Event kuliner ini merupakan salah satu cara pemkot untuk melestarikan Rujak Cingur yang merupakan Warisan Budaya Tak Benda asli Surabaya. Event ini juga sudah resmi menjadi kalendar Nasional dalam Karisma Event Nusantara 2023. Makanya, event ini dipastikan akan berbeda dan pasti akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Rangkaian HJKS dalam bidang culture dan festival juga akan ada Awarding dan Pameran Foto oleh Pewarta Foto Indonesia di Alun-alun Surabaya pada 12-18 Mei 2023. Lalu ada Night at the Museum di Tugu Pahlawan Surabaya pada 13-14 Mei 2023, ada Masak Besar Bobon Santoso dan Chef Arnold pada 17 Mei 2023, dan Surabaya Vaganza pada 27 Mei 2023, kemudian ada Pet Animals Day di Mangrove Medoakan Sawah pada 28 Mei 2023, dan Ruwatan dan Pagelaran Wayang di Tugu Pahlawan pada 31 Mei 2023.

Selanjutnya untuk Sport Event, akan ada Kejuaraan Bola Voli Piala Wali Kota Surabaya Antar Instansi se-Jawa Timur pada 21-27 Mei 2023, Kejuaraan Open Dayung Piala Wali Kota Surabaya se-Jawa Timur pada 25-27 Mei 2023, Bromo Kom Challenge pada 27 Mei 2023, dan Recovery Ride Bromo Kom Keliling Kota Surabaya pada 28 Mei 2023.

Kemudian, ada pula Music Concerts dan Entertainment yang akan dihadiri oleh artis-artis ibu kota. Pada 13 Mei 2023, akan ada The Great Journey of Noah yang akan dihadiri oleh Noah Band di Grand Ballroom Westin Hotel. Lalu pada 13 dan 14 Mei 2023 akan ada Sudut Baya 2023 yang akan dimeriahkan oleh Mahalini, JKT48, Tiara Andini, Last Child, The Adams, Feel Koplo, The Panturas di Kenjeran Park.

Setelah itu, pada 19 dan 20 Mei 2023, akan ada Dewa 19 a Night at the Orchestra yang akan dimeriahkan oleh Dewa 19, Ari Lasso, Virzha, Ello, Mulan Jameela, Andien di Grand City Convex. Lalu pada 27 Mei 2023, akan ada event Nge-Jazz, Rek di Ciputra World Mall, dan terakhir pada 28 Mei 2023 akan ada Keluyuran Nang Tunjungan di Jalan Tunjungan Surabaya.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri mengajak seluruh warga Kota Surabaya untuk bersatu padu dalam rangka memeriahkan dan meramaikan HJKS ke-730 itu. Bahkan, ia juga berharap warga dapat membuat kegiatan-kegiatan yang bisa bermanfaat bagi sesama, tentu dengan kegotong royongan dan guyub rukun serta diharapkan dapat menciptakan Kampung Madani di lingkungannya masing-masing.

“Insyaallah dengan HJKS ini, kita harus bisa bersama-sama memberikan kebahagiaan, memberikan kesejahteraan kepada saudara-saudara kita yang ada di sekitar kita, karena manusia yang paling baik adalah manusia yang bisa memberikan manfaat bagi manusia yang lainnya. Jadi, ayo semangat membangun Surabaya bareng-bareng dengan jiwa guyub rukunnya dan gotong royongnya,” pungkasnya. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *