Pemerintahan

Songsong HJKS, Pemkot Surabaya Kembali Gelar Acara Health Season 2018

11
×

Songsong HJKS, Pemkot Surabaya Kembali Gelar Acara Health Season 2018

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Sambut peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-725, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dinas Kesehatan kembali mengadakan acara bertajuk Surabaya Health Season (SHS).

Sebanyak 1500 orang akan meramaikan gelaran acara ini, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Mei 2018 di Taman Surya, dengan mengangkat tema “Budaya Kesehatan Pasien, Meningkatkan Mutu Kesehatan”.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, drg. Yohana Sussie Emissa mengatakan kegiatan ini akan dimulai pada hari Sabtu, 5 Mei 2018 di Taman Surya.

Beberapa kegiatan menarik akan kembali digelar dalam meramaikan SHS 2018. Seperti kegiatan konsultasi tentang obat oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), kemudian Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) akan memberikan konsultasi dan pemeriksaan sederhana.

“Dan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama-sama dengan Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI) akan melakukan konsultasi terhadap hasil pemeriksaan (kesehatan) tadi,” kata Sussie, saat menggelar jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya. Kamis (3/5/2018).

Adapun rangkaian acaranya, Sussie (sapaan akrabnya) menjelaskan, selain acara pemeriksaaan kesehatan secara gratis, juga akan diadakan acara imunisasi hepatitis dan difteri secara simbolis kepada petugas lapangan. Seperti pada petugas lapangan DKRTH, Linmas, Satpol-PP, PDAM dan Dinas Sosial.

“Walaupun saat ini pelaksanaan imunisasi hepatitis dan difteri sudah berlangsung. Dan nantinya, akan ditindaklanjuti untuk dinas lainnya,” paparnya.

Disamping itu, kata dia, nantinya acara juga diisi dengan kegiatan senam. Disis lain, Sussie menuturkan, acara pada sabtu besok juga akan melibatkan pameran UKM binaan dari beberapa dinas terkait.

Dinas terkait itu seperti Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), serta Dinas Koperasi untuk bersama-sama meramaikan gelaran SHS tahun 2018 di Taman Surya.

“Harapannya masyarakat juga mengenal bahwa di Surabaya ini banyak UKM yang bisa bersaing dengan daerah lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Surabaya Health Seasion (SHS), dr. Pudjo Hartono, SP. OG mengatakan, dalam acara pembukaan SHS, nantinya semua tenaga medis kesehatan akan ikut terlibat. Seperti dokter spesialis, dokter umum, bidan, perawat, farmasi, laboratorium, rekan optik, semuanya akan terlibat dalam meramaikan rangkaian acara SHS 2018.

“Kita harapkan pada SHS kali ini bisa menggerakkan dirinya untuk menuju ke perbaikan. Termasuk pada fasilitas kesehatannya, seperti apotik dan lab. Jadi peningkatan tidak hanya pada orangnya saja,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, masing-masing fasilitas kesehatan yang ada di Surabaya akan melakukan improvisasi. Seperti tahun lalu, setiap fasilitas kesehatan akan dilakukan lomba sesuai dengan stratanya. Dia juga menegaskan bahwa dengan diadakannya lomba paling tidak ada semangat untuk maju bersama.

“Harapannya bukan kemenangan, namun agar lebih mengunggah semangat pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. Sumber Humas Pemkot Surabaya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *