Nasional

Status Gunung Agung Naik Lagi ke Level IV

12
×

Status Gunung Agung Naik Lagi ke Level IV

Sebarkan artikel ini

BALI (Suarapubliknews.net) – Gunung Agung yang dalam tiga hari belakangan mulai meletus, baik freatik maupun magmatik, dinaikkan kembali statusnya menjadi level IV atau Awas. Kenaikan status itu terdapat dalam laporan periode pengamatan Senin (27/11/2017) mulai pukul 00.00 – 06.00 Wita.

Artinya, tingkat aktivitas Gunung Agung sudah level IV (Awas) karena asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 2500-3000 meter di atas puncak kawah. Teramati letusan dengan tinggi 3000 m dan warna asap kelabu. Terlihat sinar api.

Menurut keterangan petugas di lokasi, kegempaan juga terjadi letusan berjumlah sekali dengan amplitudo 21 mm berdurasi 40 detik. Sedangkan Vulkanik Dalam jumlah 1 kali, amplitudo 18 mm, S-P 3 detik, durasi 31 detik. Tektonik Lokal berjumlah sekali, amplitudo 23 mm, S-P 4 detik, dan durasi 60 detik.

Oleh karenanya, direkomendasikan kepada masyarakat di sekitar Gunung Agung, pendaki, pengunjung dan wisatawan agar tidak berada di dekat lokasi, melakukan pendakian atau melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 km dari kawah Gunung Agung.

Bahkan kini ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 km dari kawah Gunung Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual (terbaru). (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *