Susun RKPD 2023, Pemkab Tanbu Awali Musrenbang di Kecamatan Simpang Empat

BATULICIN (Suarapubliknews) – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Simpang Empat, Senin (07/03/2022).

Kecamatan Simpang Empat mengawali digelarnya Musrenbang sejalan dibukanya melalui Bupati Tanah Bumbu Abah H.M. Zairullah Azhar.

Dalam sambutannya, Zairullah Azhar mengatakan. Musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini pada hakikatnya untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang pada tingkat desa yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah di wilayah Kecamatan.

“Rumusan arah kebijakan pembangunan tahun 2023 sebagaimana yang disesuaikan dalam RPJMD adalah 4 program prioritas kita yakni SDM, Pendidikan, Ekonomi, penguatan pemerintahan ditambah juga dengan peran serta PKK juga sangat penting yakni terkait penanganan stunting di Kabupaten Tanah bumbu. Musrenbang RKPD Tahun 2023 ini dengan tema, Penguatan infrastruktur dan ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk optimalisasi kapabilitas bernuansa kearifan lokal yang religius,” ucapnya.

Selain itu Abah Zairullah juga menyinggung terkait dengan usulan pembangunan gedung baru yang akan segera direalisasikan di tahun ini.

“Mengingat Kecamatan Simpang Empat ini adalah salah satu cikal bakal sejarah terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu, maka usulan pembangunan gedung baru sangat layak dan harus segera direalisasikan di tahun ini, sehingga menjadi salah satu bangunan kecamatan terbaik di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” lanjut Abah Zairullah.

Sementara itu Camat Simpang Empat Supiani mengatakan, Musrenbang Kecamatan merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi, serta permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Tanah Bumbu yang telah mengakomodir semua usulan desa dan kelurahan khususnya yang skala prioritas di wilayah Kecamatan Simpang Empat, dan yang lebih membanggakan lagi bagi kami adalah disetujuinya usulan pembangunan Gedung Baru Kecamatan Simpang Empat sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat,” ujar Supiani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah, jajaran Kepala SKPD, Unsur Muspika dan seluruh kepala desa serta PKK yang ada di wilayah Kecamatan Simpang Empat. (q cox, Imran)

Reply