NasionalPemerintahan

Tim Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Tinjau Lahan Rencana Relokasi Pasar Kusan Tengah Tanbu

31
×

Tim Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Tinjau Lahan Rencana Relokasi Pasar Kusan Tengah Tanbu

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Tim dari Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meninjau lokasi yang rencananya akan menjadi relokasi pasar desa Saring Sungai Bubu, Kamis (09/09/2021).

Perwakilan Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), Solihin yang mendampingi tim menjelaskan, Pasar Desa Pasar Saring Sungai Bubu akan direlokasi setelah melihat kondisi perkembangan wilayah itu.

Letaknya yang dekat dengan pusat pemerintahan Kecamatan Kusan Tengah tentu menjadikan pasar itu layak menjadi Pasar Kecamatan.

“Pasar ini menjadi tempat beberapa warga desa di sekitarnya berbelanja. Jadi pasar ini bisa menjadi pasar kecamatan,” ujar Solihin.

Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan lokasi baru untuk relokasi, dan saat ini sedang dalam proses ganti rugi dengan luas sekitar 7.000 meter persegi.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, H Birhasani menyatakan ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan Pemkab Tanbu agar relokasi pasar itu bisa direalisasikan.

Pemkab harus menyiapkan proposal yang diantaranya berisi tentang manfaat yang akan didapat wilayah itu setelah pasar dipindahkan. Juga diperlukannya persetujuan pedagang untuk dipindahkan, serta foto-foto saat pasar aktif.

“Kalau dilihat lokasi, ini sudah layak, karena jaraknya dari embrio pasar sekitar 300 meter,” ungkap Birhasani.

Birhasani menjelaskan, kegiatan ini merupakan program nasional untuk revitalisasi pasar yang ada di seluruh Indonesia, baik itu pasar harian, pasar mingguan maupun pasar induk.

Tak hanya itu, di Bumi Bersujud rencananya juga akan dilakukan revitalisasi Pasar Satui. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *