Tim Penilai Lomba Desa Pemkab Tanbu Kunjungi 12 Kecamatan  

BATULICIN (Suarapubliknews) – Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian terhadap perwakilan 12 kecamatan yang ada di Bumi Bersujud. Kunjungan diawali ke Desa Kertabuwana yang menjadi perwakilan Kecamatan Sungai Loban dalam ajang lomba desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, serta Desa Mustika yang mewakili Kecamatan Kuranji untuk melakukan penilaian, Rabu (23/03/2022),

Dalam kesempatan itu, Samsir Ketua Tim yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mengatakan bahwa penilaian kali ini merupakan hari yang ke lima dari seluruh rangkaian penilaian yang telah dilakukan sejak 16 Maret 2022 lalu.

Menurutnya, evaluasi terhadap desa itu juga merupakan amanat dari Permendagri. Sedangkan untuk tahun 2022 mengangkat tema “Desa Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.

Samsir percaya banyak hal yang telah dilakukan pemerintah desa dan kelurahan dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba tersebut.

Samsir menyampaikan, salah satunya bertujuan mengevaluasi apakah pada tahun 2020 dan 2021 yang sedang dilanda pandemi Covid19, pemulihan ekonomi tetap berjalan atau adakah perubahan. Agar semua dapat diukur dan ke depannya menjadi lebih baik.

“Tidak seperti dulu, saat ini desa dituntut untuk terus maju dan mandiri serta menciptakan berbagai peluang menggali potensi desa,” ujarnya.

Samsir mengingatkan beberapa hal penting, seperti kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, menjaga kearifan lokal, tingkat partisipasi masyarakat dalam jalannya pembangunan, serta sinergitas desa dengan pihak lain untuk membangun kemandirian desa, demi mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera.

Turut berhadir dalam lomba itu, kepala desa di Kecamatan Sungai Loban dan Kuranji bersama aparat desanya, TP PKK desa, BPD, Ketua RT serta masyarakat dan undangan lainnya. (q cox, Imran)

Reply