Tingkatkan Minat Baca, Dipersip Tanbu Safari Arsip dan Buku ke Kecamatan Satui

TANAH BUMBU-KALSEL (Suarapubliknews) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu mendapat sambutan yang baik saat melaksanakan kegiatan ‘safari arsip dan Buku’ di SMAN 1 Satui. Kamis (29/08/2019)

Safari arsip dan buku ini dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat dan menumbuhkan pengetahuan masyarakat tentang sejarah melalui arsip. Kegiatan ini merupakan satu dari beberapa kegiatan yang diadakan oleh Dispersip Tanbu di Kecamatan Satui.

Selain safari arsip dan buku, Dispersip juga mengadakan Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka bagi sekolah dan desa, serta Storytelling bagi anak anak TK yang ada di Satui.

Kepala Dispersip Tanbu H Ambo Sakka berharap kedepannya kegiatan sejenis bisa diselenggarakan di seluruh kecamatan di Bumi Bersujud.

“Antusiasme warga Satui sangat tinggi, karena tidak banyak kegiatan sejenis yang pernah dilaksanakan di Satui,” sebutnya.

Ia menambahkan, bahkan beberapa sekolah lainnya juga meminta dikunjungi layanan perpustakaan dan kearsipan dari Dispersip.

Sedangkan berkaitan dengan safari arsip dan buku dengan tema Belajar Sejarah Dari Arsip sendiri menghadirkan peserta sebanyak 150 pelajar. Menurut Ambo Sakka, para pelajar sangat tertarik dan antusias untuk belajar sejarah.

“Targetnya adalah agar pelajar tersebut mengetahui arsip-arsip sejarah Nasional, sejarah Kalimantan Selatan, dan sejarah Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.

Belum lama tadi, sebutnya pula Dispersip Tanbu bekerjasama dengan DHC 45 melaksanakan pameran arsip dan buku dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI. Pada pameran tersebut ditampilkan sejumlah arsip dan dokumen sejarah Kabupaten Tanah Bumbu. (q cox, Imran)

Reply