Tingkatkan SDM, BLK Tanbu Gelar Kelas Pelatihan Vokasi

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar kelas pelatihan vokasi.

Ketua BLK Tanah Bumbu Riza Akhyari mengatakan, bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (sdm) menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang juga merupakan salah satu isu strategis yang sering ditekankan oleh Bupati Zairullah Azhar.

Selaras dengan visi misi Tanah Bumbu tersebut maka BLK Tanah Bumbu membuka pelatihan berbasis kompetensi untuk masyarakat umum Tanah Bumbu.

“Pelatihan ini juga sebagai implementasi mewujudkan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” kata Riza Akhyari saat pembukaan kelas pelatihan vokasi BLK Tanbu, Kamis (16/3/2023) di Batulicin.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyusun program inovasi untuk melahirkan para pekerja yang profesional, mampu menjaga amanah, serta senantiasa mencari keberkahan dalam hidup.

Adapun program inovasi tersebut diberi nama “Ujar Abah” (untuk menjadi pekerja amanah dan berkah) Belajar di Balai Latihan Kerja (BLK).

Inovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dengan nilai plus didalamnya yaitu amanah dan berkah.

“Ini sangat penting di dunia kerja, karena perusahaan sangat senang dengan pekerja profesional dan amanah. Kita perlu membangun kepercayaan kepada dunia industri yang ada di Bumi Bersujud bahwa alumni BLK Tanah Bumbu adalah para pekerja yang profesional dan tangguh, maksud dari tangguh disini adalah pekerja yang amanah dan mencari keberkahan.” jelas Riza Akhyari.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Tanbu Avian Noor, mengatakan Disnakertrans akan bermitra dengan beberapa pimpinan perusahaan yang paham dengan kebutuhan perusahaannya terkait dengan tenaga kerja.

Agar tenaga kerja tersebut dapat terserap, maka Disnakertrans menyiapkan kebijakan untuk mendukung partisipasi kerja supaya meningkat melalui program pelatihan vokasi BLK.

Diantaranya yaitu program pelatihan vokasi sesuai kebutuhan industri, program pemagangan industri, serta program entrepreneurship melalui kemitraan dengan pelaku usaha besar.

Para peserta pelatihan di BLK Tanah Bumbu tidak hanya diberikan keterampilan saja, namun juga diberikan materi khusus terkait dengan bimbingan spiritual yang akan menjadi dasar bagi peserta dalam bekerja nantinya.

Instruktur yang akan memberikan pelatihan SoftSkill dari kalangan ulama dan ustadz yang memberikan pemahaman tentang pentingnya mencari keberkahan dalam kehidupan dan pekerjaan.

Ada tiga bidang pelatihan yang digelar di BLK yakni menjahit sebanyak 16 orang, pengelola administrasi perkantoran sebanyak 16 Orang, dan Komputer operator asisten 16 Orang.

Tema dari pelatihan ini adalah untuk menjadi pekerja amanah dan berkah belajar di BLK Tanah Bumbu. Untuk pelatihannya dimulai Senin (20/3/2023) bertempat di BLK Tanah Bumbu Kecamatan Kusan Hilir.

Salah satu peserta pelatihan, Ahmad Rifani turut senang dengan adanya BLK ini. Ia mengatakan bahwa alasan mengikuti BLK untuk menambah ilmu baru.

“Harapannya ilmu yang didapat saat pelatihan bisa menjadi bekal tambahan di tempat kerja nantinya,” Ucapnya. (q cox, Imran)

Reply