Tips Memilih Tas Untuk Anak Sekolah

JAKARTA (Suarapubliknews) – Perkembangan anak perlu didukung dengan fasilitas terbaik. Mulai dari kandungan gizi dalam makanan, pola tidur yang benar, hingga hal kecil seperti pemilihan tas sekolah. Tas sekolah anak-anak harus dipilih dengan baik dengan memperhatikan beberapa faktor seperti bahan yang digunakan hingga ukuran tas.

Ukuran yang sesuai dapat membuat anak tidak keberatan membawa tas nya saat pergi ke sekolah. Jika Anda sedang ingin membeli tas sekolah anak-anak, Anda bisa membelinya dengan mudah melalui Blibli. Ada banyak pilihan tas sekolah anak-anak di Blibli, karena Blibli mengerti semua kebutuhan Anda.

Agar dapat membeli tas yang sesuai, simak beberapa tips berikut ini untuk memilih tas sekolah anak.

1.     Ukuran

Tips yang pertama adalah menyesuaikan ukuran tas dengan postur tubuh anak. Hindari membeli tas yang terlalu besar dan juga terlalu kecil. Ukuran tas yang tidak sesuai akan membuat pundak dan punggung anak cepat pegal dan sakit.

Selain itu, atur tas anak agar tidak terlalu jatuh, karena semakin turun posisi tas, maka semakin besar beban yang ditanggung oleh pundak anak.

2.     Pilih Tas dengan Bantalan Bahu

Agar bahu anak terhindar dari rasa pegal dan rasa sakit, sebaiknya pilih tas dengan tali bahu yang dilengkapi dengan bantalan bahu. Bantalan bahu tersebut akan melindungi pundak anak dari rasa pegal akibat membawa beban tas.

Dan tali tas juga perlu diatur sebaik mungkin yang disesuaikan dengan postur tubuh dan kenyamanan anak agar pundak dan punggung anak tidak cepat pegal.

3.     Bobot Ringan

Ada banyak jenis bahan yang dapat diolah menjadi tas. Beberapa bahan seperti kanvas atau polyester memiliki bobot yang cukup ringan saat dijadikan tas. Tas dengan bobot yang berat belum tentu memiliki kualitas yang baik.

Malah sebaliknya, dengan bobot bawaan yang sudah berat, ditambah dengan beban seperti buku hingga baju olahraga membuat tas tersebut semakin berat dan berpotensi membuat anak pegal.

4.     Perhatikan Beban Tas

Khusus untuk anak yang sedang duduk di bangku Sekolah Dasar, perhatikan bobot yang ada pada tas anak. Dampingi anak saat sedang menyiapkan buku pelajaran untuk esok hari agar anak tidak membawa buku berlebih dan berujung kepada beban tas yang berat.

Selain itu, jika memasukkan barang lain seperti baju olahraga atau kotak bekal membuat tas jadi lebih berat, sebaiknya berikan anak tentengan berupa goodie bag kecil agar beban tidak hanya berasal dari tas punggung saja.

5.     Terdapat Kantong Samping

Ada beberapa produk tas yang tidak dilengkapi dengan kantong di samping tas. Padahal, kantong tersebut cukup penting agar dapat ditempati botol minum untuk anak.

Meletakkan botol air anak sebaiknya di samping tas, karena jika diletakkan di dalam tas, berpotensi bocor atau anak tidak menutup tutup botol dengan rapat dan seluruh isi tas terkena air, termasuk buku tulis dan buku pelajaran.

6.     Desain Tas

Karena diproduksi untuk anak-anak, tas sekolah biasanya memiliki desain yang menarik dan berwarna cerah, khususnya tas untuk anak usia TK dan anak usia SD. Agar anak senang, pilihlah tas yang sesuai dengan selera anak. Misal, anak Anda menyukai robot, maka bisa memilih tas dengan gambar robot.

Jika anak senang dengan tas, maka tas tersebut dapat dirawat dan digunakan dengan rasa senang saat berangkat sekolah. Selain itu, pilih juga warna yang tidak mudah kotor, seperti biru atau hitam. Tas dengan warna putih memang terlihat cerah, namun memiliki potensi cepat kotor.

7.     Tas Beroda

Tidak hanya tas gendong, namun tas anak juga ada yang dilengkapi dengan roda. Biasanya, tas dengan roda ini cocok untuk anak yang tidak terlalu suka dengan model tas gendong, sehingga memilih untuk menarik tas-nya agar lebih mudah.

Namun perlu diperhatikan, tas dengan roda perlu perawatan lebih agar roda tas tetap dapat digunakan dengan baik. Selain itu, anak juga perlu menggunakan tas dengan baik agar roda tas tidak mudah rusak.

8.     Tas yang Luas

Memilih tas yang luas cukup penting agar dapat digunakan hingga 1 atau 2 tahun ke depan. Karena, ketika anak naik kelas, maka pelajaran pun ikut bertambah dan otomatis buku yang akan dibawa pun juga bertambah.

Memilih tas yang sesuai dengan anak tidak hanya dapat menghindari anak dari rasa sakit di bagian punggung dan pinggang. Serta, tas yang sesuai dapat menjaga postur anak dengan baik.

Beli tas anak berkualitas dengan mudah melalui Blibli, karena di Blibli ada banyak pilihan untuk tas anak dan Anda juga bisa menikmati beragam promo dan potongan harga. (by.ranlpillar)

 

 

Reply