UK Petra Bangun Beberapa Laboratorium Baru

SURABAYA (Suarapubliknews) – ketika pembelajaran harus diselenggarakan secara online dan berakibat kampus ‘kosong’, UK Petra memanfaatkan momentum ini untuk terus berbenah dan berinovasi.

Rektor UK Petra, Prof. Dr. Djwantoro Hardjito mengatakan selama pandemi COVID-19, UK Petra memanfaatkan momentum ini untuk menyiapkan yang terbaik bagi mahasiswanya.

Pihaknya terus berinovasi, membenahi dan menambah berbagai fasilitas baru, agar kualitas pembelajaran makin meningkat dan relevan dengan era post-pandemic dan era Revolusi Industri 4.0.

“Contohnya untuk Program Hotel Management UK Petra, kami memanfaatkan momentum ini untuk membangun berbagai fasilitas laboratorium atau sarana praktek yang baru dan sekaligus membenahi beberapa sarana praktek yang sudah ada,” katanya.

Ketua Program Hotel Management UK Petra Dr. Sienny Thio, S.E., M.Bus menjelaskan laboratorium – laboratorium baru menempati lantai dasar gedung Ferry Teguh kampus UK Petra.

“Awalnya ruangan ini merupakan ruangan para dosen dan Tata Usaha dari salah satu unit yang ada di UK Petra. Penambahan itu digunakan untuk menunjang proses pembelajaran praktek dari mahasiswa khususnya dalam bidang F&B,” ungkapnya.

Tak hanya ruangan yang dipermak total, penambahan alat-alat yang terbaik dan mutakhirpun dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa memasuki tantangan dunia profesinya kelak.

“Sebab kami ingin agar mahasiswa mendapatkan hands-on experience yang lebih optimal. Laboratorium-laboratorium ini menyediakan station-station yang diperlukan agar setiap mahasiswa dapat mempraktekkan skill-skill F&B yang diajarkan oleh dosen praktisi,” tambah Sienny.

Program Hotel Management UK Petra juga terus meningkatkan intensitas kerjasama dengan dunia industri, sehingga pembelajaran yang sifatnya praktikum dan pengasahan skill juga melibatkan praktisi-praktisi pengalaman di industry hospitality. Total ada empat laboratorium baru di Program Hotel Management ini, yaitu Laboratorium Praktek Dasar F&B Service, Bartending, Food Production dan Pastry&Bakery.

Laboratorium Praktek Dasar Food Production berisi fasilitas 12 set meja kerja yang dilengkapi dengan peralatan-peralatan mutakhir, masing-masing dua titik tungku kompor induksi, chiller dua pintu, freezer satu pintu hingga Combi Oven kapasitas tujuh deck. Combi oven ini merupakan oven yang didesain menyatu dengan fungsi lainnya, sehingga setiap mahasiswa dapat berpraktek melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Sedangkan Laboratorium Praktek Dasar Pastry & Bakery dilengkapi sembilan meja kerja lengkap dengan table mixer, kompor induksi di masing-masing meja hingga proofing cabinet. Penggunaan fasilitas bagi mahasiswa semester 4 ini ditambahkan untuk menunjang mata kuliah Operasional Tata Boga dan Operasional Patiseri dan Bakeri.

Pada Semester Genap 2020/21 ini sebagian mahasiswa UK Petra sudah mulai menjalani praktikum atau penelitian di laboratorium secara terbatas dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. (q cox, tama tama dinie)

Reply