Vakum 2 Tahun Akibat Pandemi, Surabaya Great Expo 2022 Kembali Digelar untuk Pulihkan Ekonomi

SURABAYA (Suarapubliknews) – Surabaya Great Expo 2022 kembali digelar setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Pameran nasional yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 729 dan HUT RI ke 77 ini dilauching Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Rabu (10/8/2022). Pameran yang akan digelar di Grand City Surabaya pada 24-28 Agustus 2022 ini sengaja digelar kembali untuk memulihkan ekonomi Surabaya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri menjelaskan bahwa Pemkot Surabaya bekerjasama dengan PT Debindo untuk menggelar pameran yang bertaraf nasional ini. Pameran yang ke 11 kalinya ini akan mengundang banyak daerah untuk hadir di pameran ini, dan dalam pameran ini Pemkot Surabaya akan memasarkan produk UMKM-nya.

“Saya berharap target 25 ribu pengunjung itu bisa semakin menggerakkan ekonomi Surabaya, karena nanti akan ada sekitar 2 ribuan UMKM yang akan kami pasarkan, walaupun mereka tidak tampil secara langsung di booth, tapi produknya akan kami pasarkan,” kata Wali Kota Eri.

Menurut Wali Kota Eri, perbedaan yang paling mendasar dari Surabaya Great Expo sebelumnya adalah kali ini sangat fokus untuk menggerakkan UMKM, maka tema yang diangkat tahun ini adalah “UMKM Kuat Surabaya Hebat.” Tentunya, nanti produk-produk UMKM yang dipasarkan di pameran ini sudah dikurasi. “Jadi, yang kami jual tentu produk-produk UMKM unggulan Kota Surabaya,” tegasnya.

Selain itu, dalam pameran juga ada dukungan dari beberapa konjen, ada dari Jepang dan juga Australia dan negara lainnya. Makanya, dukungan itu akan menjadi penyemangat baru bagi pemkot untuk memberikan yang terbaik bagi warga Kota Surabaya. “Tujuan dan fungsi sister city memang itu, kita bisa saling support. Bahkan, nanti Konjen Australia juga akan buka stand di pameran ini.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder di Kota Surabaya yang telah bergotong royong dan bersama-sama untuk menggelar kembali pameran nasional ini. Ia sangat yakin, dengan gotong royong dan kebersamaan ini akan bisa mengentas Surabaya dari kemiskinan dan kebodohan.

“Kita harus tunjukkan bahwa Surabaya Great Expo 2022 ini adalah awal dari kebangkitan kita, kebangkitan UMKM kita, sehingga bisa merubah kehidupan warga Kota Surabaya menjadi lebih sejahtera,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Fauzie Mustaqiem Yos memastikan bahwa pameran ini akan diikuti oleh 144 stand dan saat ini sudah ada 80 persen yang mendaftar. Pameran ini bertujuan untuk menarik para buyer traders dan investor dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional dan global.

“Pameran ini juga merupakan ajang untuk promosi hiburan, belanja dan rekreasi bagi keluar serta semua lapisan masyarakat,” kata Bang Yos-sapaan Fauzie Mustaqiem Yos.

Ia juga menegaskan bahwa produk yang dipamerkan sangat beragam, mulai dari fashion craft, produk perbankan, peralatan rumah tangga, makanan, produk online dan medical tourism. Sedangkan pesertanya juga berasal dari berbagai instansi dan lembaga. “Selama lima hari acara, setiap harinya banyak acara yang kita gelar, jadi tiada hari tanpa acara selama pameran,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya Surabaya Great Expo 2022 ini bisa berdampak positif terhadap kegiatan ekonomi maupun pariwisata di Kota Surabaya, serta diharapkan dapat menginspirasi pihak-pihak lain untuk menciptakan kegiatan yang serupa, sehingga dengan semangat perjuangan dan gotong royong untuk bangkit bersama dapat terus berlanjut memberi manfaat bagi masyarakat Kota Surabaya. “Ayo datang, ramaikan, dan belanjalah di Surabaya Great Expo 2022, jangan sampai ketinggalan,” pungkasnya. (Q cox)

Reply