WNA Asal China yang Dirawat di RSU Dr Soetomo Diduga Hanya Sakit Bronchitis

SURABAYA (Suarapubliknews) – Seorang warga negara asing (WNA) asal China dikabarkan tengah dirawat Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Soetomo Surabaya. Ia diduga terserang virus Corona.

Dugaan informasi tersebut, disampaikan oleh Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar melalui akun twitter resmi miliknya @AMI A Muhaimin Iskandar.

“Ada kabar WA di rsds Surabaya seorang wna terkena, tolong dichek apa benar ?,” tulis Muhaimin Iskandar dalam akun twitter pribadinya.

Menanggapi informasi itu, Humas RSU Dr Soetomo Surabaya, dr Pesta Parulian mengaku sudah memperhatikannya. Bahkan ia membenarkan bahwa saat ini seorang WNA asal China tengah mendapat perawatan di RSU Dr Soetomo.

“Iya, sedang kita perhatikan (cuitan Muhaimin). Tadi siang (pasien datang ke RSU Dr Soetomo). Dia memang WNA, warga China. Tapi dia sudah datang di Surabaya sejak tanggal 5 (Januari),” kata Pesta, Minggu (26/1/2020).

Namun demikian, Pesta mengaku, jika melihat gejala yang dialami WNA asal China tersebut, bukan mengidap virus Corona. “Bisa saya sampaikan di sini pasiennya, bukan corona virus. Kemungkinan Bronchitis. Tapi lebih jelasnya besok pagi,” kata dia.

Saat ini, lanjut dia, pasien asal China tersebut masih menjalani pemeriksaan dan perawatan. “Saat ini masih di RSU Dr Soetomo, kita rawat. Tapi sepertinya flu biasa,” tuturnya.

Pesta mengungkapkan, pasien asal China tersebut datang ke Surabaya untuk mengajar Bahasa Mandarin dan tinggal di wilayah Surabaya Timur. “Saya enggak tahu (pasien) tinggal di mana, di mess mana. Dia mengajar Bahasa Mandarin,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, bahwa memang ada WNA asal China yang dirawat di RSU Dr Soetomo. Namun, menurut dia, WNA itu hanya mengalami demam batuk pilek dan tidak sesak nafas.

“Tidak ada gejala Pneumonia, diduga (WNA) sakit Bronchitis,” pungkasnya. (q cox, and)

Reply