Antisipasi Pengamanan Pilkada Serentak, Komisi III DPR RI Kunjungi Polres Kediri Kota

KEDIRI (Suarapubliknews.net) – Untuk kali ketiga, rombongan Komisi III DPR RI berkunjung ke Mako Polres Kediri Kota. Kali ini ada tiga agenda besar yakni soal pengamanan Pilkada serentak 2018, dugaan penyerangan ulama dan penegakan hukum, dan pencegahan peredaran narkoba.

Kunjungan anggota Komisi III DPR RI ini dipimpin oleh Dr. H. Dossy Iskandar Prasetyo, beserta Staf Komisi, dan didampingi Komisioner KPU Kota Kediri, Dra. Pusporini Endah Palupi, BNN Kota kediri yang diwakili Triwulandari serta Pejabatan Utama (PJU) Polresta Kediri dan Kapolsek jajaran.

“Ini agenda kunjungan ketiga. Kali ini, semua anggota Komisi III DPR RI ikut. Dari Fraksi Golkar, Hanura, Gerindra dan PDIP. Pertama, kami apresiasi kerja hebat oleh Kapolresta Kediri dalam rangka antisipasi terkait pelaksanaan Pilkada. Polresta Kediri menghadapi dua hajatan besar, Pilwali Kediri dan Pilgub Jatim 2018,” kata Artheria Dahlan, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Rabu (21/2/2018).

Dari hasil paparan dari Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, Artheria mendapatkan informasi soal kesiapan pengamanan Pilwali Kediri dan Pilgub Jatim.

“Dengan anggaran yang sangat minim, saranan prasarana terbatas, Polresta Kediri sangat siap dalam melaksanakan tugasnya. Harapannya, Plpesta demokrasi dapat berlangsung dengan baik,” tegasnya.

Artheria juga menanggapi soal kabar penyerangan ulama yakni dugaan teror terhadap kiai Pondok Pesantren Al Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Senin malam kemarin.

“Kami antisipasi indikasi penyerangan ulama di Ploso. Semua paparan sudah dijelaskan. Mengenai hal itu, sudah diselesaikan teman-teman dari Polresta Kediri. Bagaimana cara membangun hubungan dengan rakyat yang baik,” bebernya.

Namun menurut Komisi III DPR RI, melihat isu teror itu hal biasa, karena semua masalah sudah diselesaikan.

“Percayakan kepada Polresta Kediri. Ulama, kiai, ppercayakan penuh, penanganan ini sudah cermat dan tepat,” tuturnya.

Soal agenda peredaran narkoba, Artheria menerangkan bahwa Polres Kediri Kota telah ada upaya antisipatif, preventif mengenai peredarannya.

Terpisah, AKBP Anthon Haryadi Kapolres Kediri Kota mengaku menyambut baik kunjungan kerja Komisi III DPR RI, karena bisa memaparkan tentang kesiapan dalam pengamanan Pilkada serentak dan minimnya saranan dan prasaranan yang dimiliki.

“Komisi III DPR RI melihat kesiapan kita dalam pengamanan pilkada serentak. Kami paparkan bagaimana upaya kami dalam mengelola kamtibmas. Tadi juga ada masukan supaya berkoordinasi KPU dan Bawaslu. Terkait saranan dan prasanan Polri yang minim, agar membuat surat untuk peningkatan sarana terasbut dalam rangka mendukung tugas Polri,” beber Kapolres. (q cox, Iwan).

Reply