2 Desa di Kecamatan Satui Terendam Air, Pemkab Tanbu Terjunkan BPBD dn Dinsos

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dampak Hujan deras sejak Senin malam 29 Agustus 2022 berakbiat kepada terendamnya sebagian wilayah Kecamatan Satui yang dihuni oleh sedikitnya 140 warga dengan 27 Kepala Keluarga yang berada di dua Desa. Yakni Desa Sungai Danau dan Makmur Mulia.

Namun pihak Pemerintah Daerah melalui Kecamatan Satui dan Dinas Sosial maupun BPBD setempat secara sigap melakukan aksi tanggap darurat, dengan menggunakan perahu karet guna mengevakuasi beberapa warga yang rumahnya terendam.

“Saat ini sudah kami atasi dengan memberikan bantuan sembako ,mengingat kondisi sekarang, warga yang terdampak belum bisa keluar rumah. Itu terdiri 140 warga dengan 27 KK. Jadi ada 4 Titik yang terendam termasuk Desa Makmur Mulia di RT 4 dan 6 . Sedangkan Desa sungai Danau berada di RT 6 dan 7,” Kata Camat Satui Kadri Mandar saat ditemui di ruang kerjanya.

Melihat perkembangan berikutnya, Camat Satui menyampaikan jika saat ini para korban sedang membutuhkan makanan dan pihaknya siap membagikan ke rumah rumah.

“Saat ini mereka tidak bisa keluar akibat kawasan yang turut menggenangi rumah mereka,bahkan beberapa rumah mereka sendiri ada yang terendam sampai seukuran mata kaki,” ujar Kaderi Mandar.

“Dengan pasca bencana ini kami bersama Dinas Sosial dan BPBD akan terus memantau perkembangan kejadian, yang utama akan disiapkan dapur umum untuk keperluan hidup warga terdampak,” tutupnya. (q cox, Imran )

Reply