OlahragaPemerintahanPeristiwa

Jelang Kualifikasi Piala AFC, Pemkot Surabaya Lengkapi GBT dengan 126 CCTV dan Ruang Kontrol

11
×

Jelang Kualifikasi Piala AFC, Pemkot Surabaya Lengkapi GBT dengan 126 CCTV dan Ruang Kontrol

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk ajang kualifikasi Piala AFC U-20 pada tahun 2023. Pertandingan Piala AFC U-20 2023 ini akan digelar pada 14-18 September 2022. GBT akan menjadi tuan rumah untuk pertandingan Grup F yang diisi Timnas Indonesia U-20, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

Demi menyiapkan pertandingan tersebut, Pemkot Surabaya kini memasang 126 CCTV di area GBT, mulai dari akses masuk, tempat parkir, hingga semua area di dalam GBT. Semua CCTV itu sudah terpasang semuanya di kawasan GBT. “Hari ini kami sedang proses uji coba pemasangan jaringan supaya bisa diakses melalui ruang kontrol atau yang biasa disebut VOC,” kata Kepala Diskominfo Surabaya M. Fikser di ruang kerjanya, Rabu (31/8/2022).

Ia memastikan bahwa seluruh CCTV itu akan dapat dilihat di ruang kontrol atau VOC itu. Sebab, di ruangan tersebut akan dipasang 15 unit televisi ukuran 55 inch yang akan memantau dan memonitor semua kawasan GBT.

Ruang kontrol yang ada di lantai 2 itu akan ada dua ruangan. Pertama, ruangan server yang menjadi tempat perangkat-perangkat aktif Kominfo, mulai dari jaringan, fiber optik, dan juga CCTV. Kini semua perangkat di ruangan tersebut sudah dipasang semuanya dan sudah on. Kedua, ruang kontrol yang menjadi tempat 15 unit TV.

“Di ruangan tersebut, kini sedang dilengkapi meja, kursi dan sarana prasarana lainnya. Jadi, nanti bentuknya akan mirip dengan CC Room 112 di Siola, meskipun tidak semegah di CC Room 112 ya,” ujarnya.

Fikser juga memastikan bahwa sebanyak 126 CCTV yang dipasang itu akan memonitor semua aktivitas yang ada di kawasan GBT, baik di luar maupun di dalam GBT. “Jadi,  CCTV dan ruang kontrol itu dipasang untuk memantau dan memonitor semua keamana di seluruh area stadion,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Surabaya Tri Aji Nugroho menjelaskan bahwa sesuai standart yang pernah dia baca, yang akan bertugas di ruang kontrol itu adalah perwakilan semua pihak yang berkaitan dengan keamanan dan kesehatan, mulai dari petugas kepolisian dan TNI, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Kesehatan serta dinas terkait lainnya. Bahkan, nantinya pengawas pertandingan, baik dari pihak AFC atau pun dari FIFA akan disediakan tempat di ruang kontrol tersebut untuk bersama-sama memantau jalannya pertandingan.

“Jadi, perwakilan yang bertugas di ruang kontrol itu akan memantau semua area GBT. Apabila ada keramaian dan kondisi kedaruratan di suatu titik, dan itu terpantau kamera CCTV, maka perwakilan itu akan langsung menghubungi petugas yang ada di lapangan atau yang ada di luar ruang kontrol, sehingga dengan segera petugas yang ada di lapangan itu bisa langsung bergeser ke titik keramaian itu,” kata Aji.

Oleh karena itu, ia memastikan bahwa tujuan utama yang diharap dengan adanya ruang kontrol itu adalah untuk mempercepat respon petugas dalam menanggapi segala hal yang terjadi di area GBT itu. Sebab, pemkot tidak ingin hanya karena keterlambatan respon, stadion kebanggaan arek-arek Suroboyo ini terkendala operasionalnya.

“Kita berharap ruang kontrol ini benar-benar menjadi pusat kendali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena nanti semua CCTV ini akan merekam semua gerak-gerik penonton dan pemain yang hadir di GBT,” ujarnya.

Meski begitu, Aji tetap mengajak kepada semua pihak, terutama para penonton dan suporter yang hadir ke GBT untuk bersama-sama menjaga stadion kebanggaan arek-arek Suroboyo itu. Ia pun yakin dengan kebersamaan menjaga stadion GBT, maka semua pertandingan yang digelar di GBT akan lancar dan sukses, sehingga Surabaya semakin dipercaya menjadi tuan rumah event-event lainnya, baik yang tingkat nasional maupun internasional. “Jadi, ayo kita jaga bersama-sama GBT ini,” pungkasnya. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *