30 Mahasiswa UK Petra Terjaring Magang Berkualitas dan Studi Independen Kemendikbud Ristek RI

SURABAYA (Suarapubliknews) – Sejumlah mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) mengikuti Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI) yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra R. Arja Angka A.A.A. Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak mengatakan para mahasiswa UK Petra batch 1 menjadi bukti bahwa UK Petra mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia

“Puji Tuhan. Kami sangat bersyukur atas capaian 30 mahasiswa kami yang diterima program Kampus Merdeka dari Kemendikbud ini. Program ini sangat kompetitif. Berdasarkan surat yang masuk dari Kemendikbud Ristek tertanggal 20 Agustus 2021 yang lalu, terdapat 104.656 mahasiswa yang mendaftar program ini. Hanya 13.272 mahasiswa dari 555 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia yang lolos seleksi. Termasuk UK Petra salah satunya yang lolos,” katanya.

Ke-30 mahasiswa UK Petra ini berasal dari berbagai program/program studi yang ada di UK Petra. Terdapat 17 mahasiswa asal program International Business Management (IBM) UK Petra, dua mahasiswa asal program Marketing Management UK Petra, satu mahasiswa program Finance and Investment UK Petra, program International Business Accounting (IBAcc) UK Petra ada dua mahasiswa, program Bussines Accounting ada dua mahasiswa, satu mahasiswa Ilmu Komunikasi, tiga mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV), satu mahasiswa program studi Informatika dan satu mahasiswa prodi Teknik Sipil UK Petra.

PIC dari Petra Career Center UK Petra Jessie Monika, S.S yang menangani MBSI mengatakan banyak keuntungan mengikuti program ini. selain bersertifikat, mendapatkan gaji ditambah lagi bisa langsung dikonversi menjadi 20 SKS.

“Kegiatan ini berjalan rata-rata sekitar 6 bulan lamanya. Mahasiswa sudah tahu apa paparan tugasnya dan mentornya. Dan yang jelas pengalaman kerja di berbagai sektor industri, tentunya hal ini sangat berguna bagi perjalanan karir di masa mendatang,” katanya.

Terdapat dua kategori dalam program MBSI yaitu Magang Berkualitas dan Studi Independen. Magang Berkualitas merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja di sebuah perusahaan sedangkan Studi Independen masih terdapat materi pembelajaran dalam kelas yang disertai dengan praktek.

Sementara itu dua mahasiswi UK Petra yang beruntung menjadi peserta batch 1 dalam program MBSI ini berbagi pengalamannya. Shannon Lovendra Khoswanto (Kategori Magang Berkualitas)

Mahasiswi dari program Marketing Management UK Petra angkatan 2018 ini akan menjalani program magang berkualitas selama tujuh bulan di Tokopedia. Secara daring mulai 23 Agustus 2021 hingga 6 Maret 2022, ia akan bekerja sebagai Search Engine Optimization (SEO).

Sedangkan Zefanya Sharon (Kategori Studi Independen) Mahasiswi prodi Teknik Sipil semester 5 itu menjalani Studi Independen di Apple Developer Academy hingga Desember 2021. Secara daring, ia dilatih praktek-praktek secara mandiri untuk dipersiapkan memasuki realita dunia kerja. (q cox, tama dinei)

Reply