Antusiasme Warga Apartemen Rayakan Hari Kemerdekaan, Pasang Bendera Merah Putih hingga Lantai 55

SURABAYA (Suarapubliknews) – Antusiasme warga menyambut Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kota Surabaya sangatlah tinggi. Itu dapat terlihat dari seluruh wilayah di Kota Pahlawan yang memasang bendera merah putih maupun pernak pernik kemerdekaan.

Perayaan Hari Kemerdekaan itu rupanya tak hanya dilakukan oleh warga yang tinggal di lingkungan perkampungan atau perumahan. Melainkan pula warga penghuni apartemen juga merayakannya.

Salah satunya adalah warga yang tinggal di apartemen One Icon Residence di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Surabaya. Bangunan yang berdiri 55 lantai tersebut, pada setiap balkon kamarnya, terpasang bendera merah putih yang menempel di kaca.

Building Manager One Icon Residence, Arovakh Bakhtiar mengatakan, antusiasme warga penghuni apartemen One Icon Residence dalam menyambut HUT ke-77 RI, sangatlah tinggi. Salah satu bentuk antusiasme itu dilakukan oleh warga dengan memasang bendera merah putih.

“Jadi warga kita selama perayaan 17an (Hari Kemerdekaan) itu ada acara mengheningkan cipta bersama, kemudian setiap balkon memasang bendera merah putih. Aksesoris perayaan itu ditempel di kaca mulai dari lantai 1 sampai yang paling tinggi lantai 55,” kata Bakhtiar saat dihubungi, Rabu (17/8/2022).

Bakhtiar menerangkan, bahwa mayoritas warga yang tinggal di apartemen One Icon Residence, sebenarnya memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Sehingga mereka pun meminta izin kepada pihak pengelola apartemen untuk turut serta merayakan Hari Kemerdekaan.

“Jadi warga itu ingin memasang bendera merah putih, kemudian juga ada Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya tentang pemasangan bendera. Jadi keinginan warga kita akomodir, yang penting tidak menyalahi aturan dan terpasang rapi,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa pemasangan bendera merah putih dilakukan sejak beberapa hari yang lalu. Pemasangannya pun dilakukan pada seluruh balkon kamar apartemen One Icon Residence mulai dari lantai 1 sampai 55.

“Pemasangannya H-1 (16 Agustus 2022) semuanya selesai. Kalau kamar itu sudah ada warga yang tinggal, kita minta izin pasang dari dalam. Tetapi kalau tidak ada orangnya, kita pasang pakai gondola,” ungkap dia.

Bakhtiar menjelaskan, jika pemasangan bendera merah putih di balkon apartemen One Icon Residence baru tahun ini dilakukan. Meski demikian, dalam merayakan Hari Kemerdekaan, warga tak hanya melakukan pemasangan bendera saja, tetapi juga menggelar syukuran dan mengheningkan cipta bersama.

“Jadi selain pemasangan bendera kita (pengelola) sama warga termasuk karyawan hari ini juga mengheningkan cipta sejenak pada pukul 10.10 WIB di area fasum lantai 1. Kemudian juga ada potong tumpeng. Tadi ada sekitar seratusan warga yang terlibat,” kata Bakhtiar.

Diketahui sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Pedoman HUT ke-77 RI Tahun 2022. SE bernomor 003/12520/436.8.6/2022 tersebut, salah satunya berisi tentang imbauan kepada warga agar memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih serentak mulai tanggal 1-31 Agustus 2022.

“Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di tingkat kota, dilaksanakan di halaman balai kota dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Di samping itu, Wali Kota Eri Cahyadi juga mengingatkan kepada masyarakat yang    melaksanakan kegiatan lomba dan malam tirakatan, agar dapat mencegah timbulnya kerumunan. Hal ini penting dilakukan untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Saya juga sudah meminta kepada Camat untuk meneruskan kepada Lurah/ LPMK/ RW/ RT sesuai wilayah kerja masing-masing,” pungkasnya. (Q cox)

Reply