PeristiwaPolitik

Apresiasi Feeder “Wira-Wiri Suroboyo”, Ketua DPRD: Urai Kemacetan dan Berdayakan Rakyat

35
×

Apresiasi Feeder “Wira-Wiri Suroboyo”, Ketua DPRD: Urai Kemacetan dan Berdayakan Rakyat

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pengoperasian angkutan pengumpan (feeder) “Wira-Wiri Suroboyo” mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Kebijakan Wali Kota Eri Cahyadi dinilai sebagai langkah positif dan konkrit untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, sekaligus menumbuhkan minat warga untuk menggunakan transportasi publik.

Feeder Wira-Wiri Suroboyo juga disebut Adi sebagai upaya pemberdayaan warga karena menyerap lapangan kerja hingga ratusan orang.

“Kehadiran feeder ini cukup strategis dan menjadi milestone penting dalam upaya membangun sektor transportasi publik yang baik di Surabaya,” ujar Adi Sutarwijono, Jumat (3/3/2023).

Adi yang juga Ketua DPC PDIP Kota Surabaya itu menambahkan, feeder atau angkutan penumpang menjadi solusi peningkatan penggunaan transportasi publik Suroboyo Bus maupun Bus Trans Semanggi.

“Feeder Wira-Wiri Suroboyo inilah yang bertugas mengumpulkan dan mengangkut penumpang untuk disalurkan ke angkutan trayek tertentu seperti Suroboyo Bus maupun Bus Trans Semanggi,” ujar Adi.

Semakin banyak warga yang menggunakan transportasi publik, lanjut Adi, maka kemacetan lalu lintas akan bisa mulai terurai karena kian sedikit warga yang memanfaatkan kendaraan pribadi.

“Jika kemacetan terurai, kita akan mampu mewujudkan efisiensi ekonomi karena tidak ada waktu terbuang, tidak ada BBM yang terpakai lebih banyak, dan sebagainya. Terurainya kemacetan juga menggerakkan ekonomi karena mobilitas orang dan barang kian lancar,” ujarnya.

Dikatakan, kehadiran feeder Wira-Wiri Suroboyo juga memberdayakan masyarakat. Ada pengemudi dan helper dalam ekosistem feeder tersebut yang jumlahnya mencapai 320 orang, di mana mereka adalah masyarakat berpenghasilan rendah.

“Artinya, dalam program pemerintah, warga masyarakat diberdayakan dan dilibatkan. DPRD Kota Surabaya mendukung penuh konsep semacam ini, sehingga warga bisa diberdayakan untuk mendapatkan penghasilan,” papar Adi.

Seperti diketahui, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah meluncurkan feeder “Wira-Wiri Suroboyo” yang menghubungkan dan menjangkau lingkungan yang belum terlayani oleh transportasi publik Suroboyo Bus maupun Bus Trans Semanggi Surabaya.

Terdapat 52 unit angkutan feeder yang tersedia di lima rute layanan perjalanan, yaitu Terminal Benowo – Tunjungan, Puspa Raya – HR Muhammad, SWK Penjaringan Sari – Gunung Anyar, PNR Mayjend Sungkono – Embong Wungu, dan Terminal Intermoda Joyoboyo – Terminal Bratang – Kedung Asem. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *