Begini Meriahnya ‘Fishing Turnamen 2022’ di Hari Jadi Tanbu ke 19

BATULICIN (Suarapubliknews) – Rangkaian HUT Kabupaten Tanah Bumbu yang Ke-19, juga dimeriahkan dengan acara Angsana Fishing Tournament 2022. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28 – 29 Mei 2022 di kawasan Pantai Angsana, Kab Tanah Bumbu.

Tercatat 240 peserta yang mengikuti terdiri dari 48 tim pancing dari berbagai daerah di Kalimantan ikut ambil bagian pada event mancing yang bertajuk ‘Angsana Fishing Tournament 2022’, dan merupakan gelaran yang ke empat kalinya.

Kegiatan dilepas langsung Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata didampingi Kepala Dinas Perikanan Tanbu Kepala Desa Angsana dan muspika Kecamatan Angsana dan di hadiri Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Angsana.

Ungkapan salah satu panita, Roni menerangkan, dimana besarnya animo peserta lomba mancing tahun ini yang tidak saja berasal dari Kalimantan Selatan namun juga dari luar.

Bahkan Tahun ini terjadi peningkatan baik dari jumlah peserta maupun hadiah serta doorprize yang disiapkan panitia.

”Untuk juara pertama disiapkan hadiah sebesar 15 juta rupiah, serta hadiah doorprize 1 unit sepeda motor,” jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh tim akan diuji kemampuan mendapatkan hasil pancingan di lokasi kawasan Pantai Sungai Dua Laut dan Pantai Angsana.

”Paling lambat besok (Minggu) jam 11 siang seluruh tim sudah berada di darat untuk dilakukan penimbangan hasil pancingan,” tandasnya.

Kepala Disbudporapar Tanbu, Hamaludin Taher saat melepas peserta menyampaikan, lomba memancing merupakan olahraga yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mendapatkan ikan hasil pancingan namun juga menuntut sportifitas dari peserta.

Lomba ini merupakan Event yang di tunggu-tunggu oleh para penghobi mancing yang sebelumnya mengalami penundaan selama 2 tahun dikarenakan adanya pandemi yang melanda di seluruh dunia.

“Tujuan kegiatan ini bukanlah hadiah, tapi sportifitas tinggi yang akan melahirkan nilai nilai kejujuran, artinya sportifitas merupakan kata kunci juara sejati,” pesan Hamal.

Selain itu lanjut Hamal, event ini juga diharapkan menjadi salah satu upaya untuk menggeliatkan pariwisata bahari di Kalimantan Selatan yang selama pandemi ini mengalami penurunan, dimana pariwisata merupakan salah satu elemen pembangunan daerah.

Diketahui, Angsana Fishing Tournament terbagi dalam beberapa kategori. Untuk kategori pertandingan ikan terberat juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp15.000.000, Juara kedua Rp12.000.000 dan juara tiga sebesar Rp10.000.000. Panitia juga menyiapkan hadiah untuk Kategori Kapten terbaik sebesar Rp1.000.000, Kapten terbaik kedua Rp500.000 dan Kapten terbaik ketiga sebesar Rp250.000.

Beberapa jenis ikan yang menjadi penilaian panitia seperti giant travelly, tenggiri, talang talang, kakap, kaneke, kerapu dan lamun lamun.

Sementara itu Kepala Dinas perikanan Kabupaten Tanah Bumbu usai membagikan hadiah mengatakan, acara itu bertujuan untuk menarik para wisatawan.

“Tak kalah pentingnya sambil sosialisasi cara penangkapan ikan dengan benar. Serta menjaga dan memelihara terumbu karang agar tetap baik, serta memberi dampak positif peningkatan ekonomi bagi para pedagang yang berada di sekitar patai,” pungkasnya. (q cox, Imran)

Reply