Begini Serunya, Jika Wali Kota Eri Cahyadi Ikut Lomba Tarik Tambang 

 SURABAYA (Suarapubliknews) – Terik matahari terlihat mulai menyengat di sisi timur Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu (13/8/2022) pagi. Namun hal itu tak menyurutkan semangat para peserta lomba maupun masyarakat yang hadir dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI).

Ada berbagai lomba menarik yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di THP Kenjeran sisi Utara dan Timur. Mulai dari Panjat Pinang, Gobak Sodor Putri, Gebuk Bantal, Tarik Tambang, Estafet Tradisional, hingga lomba Perahu Layar Tradisional yang memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya, Rini Indriyani tampak hadir di sana. Tak terkecuali Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta para pejabat di lingkup Pemkot Surabaya.

“Alhamdulilah lomba hari ini sangat luar biasa. Jadi ada beberapa lomba, seperti tarik tambang, perahu layar, panjat pinang, gobak sodor di Pantai Kenjeran ini. Kalau kita lihat kondisinya seperti ini bisa wisata di Kota Surabaya, salah satunya di Kenjeran,” kata Wali Kota Eri Cahyadi ditemui di sela pelaksanaan lomba.

Tak hanya sekadar hadir di lokasi, sebab Wali Kota Eri Cahyadi juga menjadi salah satu peserta beregu lomba tarik tambang. Ia bersama jajarannya mewakili pemerintah kota bertanding melawan tim dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. “Jadi lomba ini adalah semangat untuk terus berkorban dengan berkobar-kobar untuk kemerdekaan Indonesia,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi sebelumnya juga sempat memberangkat peserta lomba perahu layar. Ada total 37 peserta lomba perahu layar yang berasal dari nelayan sekitar bertanding adu kecepatan memperebutkan Piala Wali Kota Surabaya.

“Ada 37 peserta lomba perahu layar dengan gambar (layar) yang berbeda-berbeda. Tapi ini sangat luar biasa, tadi saya sempat ikut ke arah perahu layar dan deg-degan karena ombaknya agak besar,” ujarnya.

Meski demikian, Wali Kota Eri Cahyadi menyatakan, bahwa Lomba Perahu Layar akan menjadi event tahunan. Apalagi, selama pelaksanaan, ia melihat langsung bagaimana tingginya semangat gotong-royong kebersamaan para peserta. “Tahun depan Insyaallah akan kita lakukan lebih besar lagi dari tahun 2022 ini. Tadi saya lihat semangat teman-teman meriah dan luar biasa,” jelasnya.

Wali Kota Eri Cahyadi berharap, semangat Kemerdekaan tersebut dapat diterapkan jajarannya dalam kegiatan sehari-hari di lingkup Pemkot Surabaya. Dengan begitu, ia meyakini, setiap permasalahan yang ada di Surabaya dapat segera diatasi bersama.

“Inilah yang saya harapkan sebenarnya. Semangat yang bisa kita terapkan dalam lingkup kita sebagai pemerintah. Bagaimana bersinergi dengan masyarakat melalui lomba ini, pasti bisa menyelesaikan masalah-masalah di Surabaya dengan kebersamaan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menerangkan, Lomba Perahu Layar merupakan salah satu event tahunan yang ditawarkan pemkot sebagai destinasi wisata di Kota Pahlawan. “Jadi ini (lomba perahu layar) salah satu yang memang kita tawarkan,” kata Wiwiek.

Bahkan untuk mendukung itu, Wiwiek juga menyatakan, sekarang ini pihaknya masih terus melakukan pembenahan kawasan THP Kenjeran. Mulai dari penataan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga penambahan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Ini sedang kita kerjakan untuk pengembangan di wilayah pantai ini. Baik di THP Kenjeran sisi utara maupun selatan. Pertama, mungkin fasilitas akan kita benahi, terus penataan UMKM juga akan kita optimalkan kembali. Karena memang ini sangat potensi sebenarnya,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa Pemkot Surabaya menyiapkan berbagai jenis perlombaan dalam memeriahkan HUT ke-77 RI. Lomba ini diikuti antar Perangkat Daerah (PD) di Surabaya hingga masyarakat umum. Sedangkan untuk pemenang lomba, pemkot sudah menyiapkan total 62 jenis hadiah, baik berupa uang tunai maupun peralatan elektronik. (Q cox)

Reply