Nasional

Bersama Kapolres dan Dandim, Bupati Sudian Noor Resmikan Kampung Tangguh di Desa Batulicin Irigasi

10
×

Bersama Kapolres dan Dandim, Bupati Sudian Noor Resmikan Kampung Tangguh di Desa Batulicin Irigasi

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang diresmikan oleh Bupati Tanah Bumbu bersama Kapolres dan Dandim 1022/TNB menjadi Kampung Tangguh Banua, Rabu (17/06/2020).

Pencanangan Kampung Tangguh Banua ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Bupati, Kapolres dan Dandim 1022/TNB.

Desa Batulicin Irigasi merupakan salah satu desa yang dijadikan kampung tangguh banua dikarenakan keberhasilannya dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19. Serta kemandirian desa tersebut baik dari segi ketahanan pangan masyarakat, posko relawan, dapur umum hingga posko kesehatan.

Kesigapan tim relawan Desa Batulicin Irigasi tersebut diaggap mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya, dengan menyediakan beberapa inovasi diantaranya dengan menyediakan tempat isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana, screening room, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa maupun ketahanan pangan masyarakat.

Untuk sektor ketahanan pangan desa Batulicin Irigasi melaui ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan pekarangan baik tanaman jangka pendek maupun panjang. Juga sektor peternakan ayam, kambing dan sapi serta perikanan air tawar.

Selain itu desa ini juga telah menyediakan rumah singgah sebagai posko induk yang tidak berjauhan dengan posko kesehatan. Lalu rumah isolasi dan menyiapkan lahan pemakaman sekaligus relawan yang memakamkan apabila ada warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Kampung Tangguh Banua merupakan kerjasaman tiga pilar yakni Pemerintah Kabupaten, TNI dan Polri yang mana bersinergi dalam hal pencegahan dan penanganan, serta kemandirian dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menyambut baik dan sangat mengapresiasi program Kampung Tangguh Banua, di desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang, yang digagas oleh Polres dan Kodim 1022/TNB dan pihak terkait lainnya.

“Karena keberadaan Kampung Tangguh Banua, sebagai upaya penanganan covid-19 berbasis komunitas dan gotong royong, apalagi saat ini, bukan hanya acaman virus corona atau Covid-19 yang kita hadapi, namun muncul ancaman akan kelangkaan kebutuhan pangan di masa pandemi ini,” jelasnya.

Oleh karena itu lanjutnya, melalui momentum Pencanangan Kampung Tangguh Banua ini, Bupati mengajak semua pihak terkhusus masyarakat Desa Batulicin Irigasi agar dapat memanfaatkan pekarangan atau halaman rumahnya untuk ditanami tanaman holtikultura yang cepat menghasilkan.

“Sehingga, ketika terjadi ancaman kelangkaan kebutuhan pangan di masa pademi Covid-19 ini, kita dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan masyarakat di sekitar kita,” ujarnya.

Kemudian, Kapolres Tanah Bumbu AKBP Sugianto Marweki turut mengingatkan masyarakat tentang pelaksanaan New Normal. Hal ini agar masyarakat senantiasa tetap menjalankan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah pusat maupun daerah.

Sementara itu Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto mengingatkan masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan sekitar.

Pada acara tersebut Bupati H Sudian Noor didampingi Kapolres dan Dandim menyerahkan bantuan bibit sayuran kepada Kepala Desa Batulicin Irigasi. Yang dilanjutkan dengan penyerahan bibit cabe oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj Sadariah kepada Ketua TP PKK Desa Batulicin Irigasi.

Lalu Bupati bersama Kapolres, Dandim 1022/TNB dan pihak lainnya meninjau langsung beberapa objek yang menjadi inovasi Desa Batulicin Irigasi. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *