Bersama Pemda, TTMD Kodim 1022/Tanah Bumbu Lakukan Sosialisasi ke Warga Satui

BATULICIN (Suarapubliknews) – Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) Ke-114 Kodim 1022/Tnb, bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu untuk menggelar berbagai kegiatan sosialisasi kepada warga di Desa Sumber Arum Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, yang bertempat di Aula Kantor Desa Sumber Arum Kecamatan Satui,.Senin (08/08/2022).

Program TMMD Reguler Ke-114 Kodim 1022/Tanah Bumbu, diantaranya melakukan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada para warga Desa terdiri dari 6 Rt, warga di Desa Sumber Arum Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Pasiter Satgas Kodim Kapten Inf Wahyono, mewakili Dansatgas TMMD ke-114, sekaligus Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi,S.H.,M.Tr (Han) menyampaikan salam hangat kepada warga dalam kegiatan tersebut.

Ada 4 hal yang akan disampaikan dalam kegiatan ini, yakni tentang sosialisasi Wasbang (Wawasan Kebangsaan), Sosialisasi pengembangan ilmu pertanian dan perkebunan, sosialisasi tentang perekrutan TNI bagi para pemuda desa, serta Penyuluhan Yan Kes Posyandu & POSBINDU-PTM.

“Dalam rangka menumbuhkan kembali rasa nasionalisme kebangsaan, dimana semakin berkembangnya zaman modern ini, dikhawatirkan mulai adanya terkikis rasa nasionalisme (cinta negara) di masayarakat, sehingga ilmu wawasan kebangsaan perlu diberikan, adapun kelanjutnya kami juga memberikan wawasan tentang rekrutmen TNI, ilmu tentang pertanian dan perkebunan bagi warga, selain itu kami siapkan penyuluhan kesehatan dari Bidan desa,” ucap Pasiter Wahyono.

Soraya Fitriani selaku Bidan Desa Sumber Arum, menyampaikan materi sosialisasi tentang Penyuluhan Yan Kes Posyandu & POSBINDU-PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular), warga juga diwajibkan setahun sekali memeriksakan kesehatannya sebagaimana peraturan kesehatan negara.

Bidan desa menekankan pemanfaatan Posyandu Lansia, digunakan sebagai pemeriksaan kesehatan bagi para lansia dan diharapkan aktif bagi para lansia desa memeriksakan kesehatan dirinya.

Kepala BPP Kecamatan Satui, Ulang Abdullah diwakili oleh Eko Purnomo selaku PPL Desa Tegal Sari Kecamatan Satui, menyampaikan paparan materi tentang Pupuk Organik dan Pupuk Non Organik.

Menurut dia, pengertian pupuk secara luas ialah pemberian bahan kepada tanah dengan maksud memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah, bahan itu tidak mencakup air yang pemberiannya disebut irigasi. Memang irigasi dapat juga berperan pemupukan tertentu, karena air mengandung zat hara terlarut atau tersuspensi.

“Pemberian bahan yang dimaksudkan untuk menambah hara tanaman pada tanah (pupuk menurut arti awam: fertilizer) pemberian bahan yang dimaksudkan memperbaiki suasana tanah, baik fisika, kimia ataupun biologi, disebut amandemen yang berarti reparation atau restutition,” sampainya.

Jenis Tanah di Kalimantan Selatan, masuk dalam kategori Tanah Gambut. Petani dengan penyesuaian pemberian pupuk yang cocok, tepat jenis dan tepat dosisnya, sehingga dapat menghindari menyebabkan overdosis tanaman. Pemupukan hendaknya dilakukan sesuai tepat sasaran waktu.

Tanggapan datang dari salah satu warga yaitu Monalisa Agia Putri Alwinda yang mengatakan, jarang sekali ia mendapati sosialisasi digelar di desa desa, apalagi menyangkut materi yang disampaikan pada kesempatan ini.

“Penting bagi kami, warga disini mengetahui terutama tentang ilmu perkebunan, penyakit pada tanaman dan pemupukan yang baik, terutama sosialisasi ini juga mencakup pembekalan kesehatan yang diadakan oleh TMMD di Desa Sumber Arum, kami bersyukur mendapat tambahan wawasan dan ilmu,” ungkapnya. (q cox, Imran)

Reply